Minggu, 28 April 2024 20:24

Anies Berharap Ada Perbaikan Regulasi untuk Pemilu Berikutnya, Catatan MK Jadi Kuncinya

Tangkapan layar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat menanggapi hasil Pilpres 2024.
Tangkapan layar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat menanggapi hasil Pilpres 2024.

ABATANEWS, YOGYAKARTAAnies Baswedan menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para tim dan relawan yang memberikan dukungan dan bantuannya pada Pilpres 2024 lalu.

Hal itu disampaikan Anies saat menghadiri acara acara syawalan di Grha Sarina Vidi, Kabupaten Sleman, DIY, Minggu (28/4/2024).

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Anies dalam kegiatan tersebut. Anies menegaskan telah menerima hasil Pilpres 2024 pasca Mahkamah Konstitusi mengetuk palu terakhir terkait hasil sidang sengketa perkara Pilpres 2024 lalu.

Baca Juga : DPW PKB Nyatakan Usung Anies Baswedan di Pilgub Jakarta 2024

“Perjalanan masih panjang dan kami sampaikan kepada semua, bahwa ketika MK telah mengeluarkan putusan maka kita menghormati putusan MK. Kita hidup bernegara, berdemokrasi dengan kematangan, dengan kedewasaan, dengan kesiapan untuk menaati semua proses konstitusi,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Anies mengatakan, ini bukan soal perasaan suka atau tidak suka, kecewa atau tidak kecewa. Akan tetapi bagaimana bernegara dengan baik.

“Di sisi lain, rekomendasi dan catatan-catatan dari Mahkamah Konstitusi harus dihormati juga karena hakim-hakim di Mahkamah Konstitusi semuanya memberikan catatan. Bukan hanya dissenting opinion tapi semuanya,” jelas Anies.

Baca Juga : MK Tolak Gugatan PPP Terhadap Partai Garuda di Jawa Barat, Asrul Sani Gunakan Hak Ingkar

“Jangan sampai apa yang kemarin diajukan itu di MK yang sudah terjadi juga di pemilu-pemilu dan pilpres sebelumnya, setelah selesai masa pemilu dan capres dilupakan,” kata Anies.

“Selama ini, ketika ada gugatan pilpres di MK tidak pernah ada dissenting opinion, baru kali ini ada. Dan itu bahan-bahan yang harus dijadikan koreksi. Jadi, tadi kami sampaikan satu sisi kita hormat kita taati keputusan MK, sisi lain PR-PR juga harus dihormati dan dihargai teman-teman di DPR dan di pemerintah,” tutup dia.

Penulis : Azwar
Komentar