Sabtu, 15 Mei 2021 11:29

Amerika Sudah Lepas Masker, WHO Ingatkan Tingkat Penularan

Joe Biden
Joe Biden

ABATANEWS – Amerika Serikat sudah melonggarkan aturan pakai maaker dan jaga jarak, tidak lagi wajib bagi yang sudah vaksinasi penuh.

The US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengumumkan warga yang sudah divaksinasi penuh kini tidak perlu menggunakan masker. Bukan cuma di luar ruangan, melainkan juga di dalam ruangan.

“Jika Anda sudah divaksinasi dan Anda memutuskan untuk melepas masker Anda aman. Jika Anda belum divaksinasi, maka Anda memutuskan untuk ambil risiko,” kata Direktur CDC Dr Rochelle Walensky.

Baca Juga : Ahmad Dhani Tuai Hujatan Usai Sebut K-Pop Seperti Wabah Covid-19

Menurut CDC, kebijakan ini antara lain bertujuan untuk mendorong lebih banyak warga AS untuk mau divaksinasi.

Di banyak tempat di AS, orang-orang sudah tidak disiplin menggunakan masker sejak beberapa bulan terakhir. Survei yang dilakukan University of Southern California Dornsife Center for Economic and Social Research menunjukkan, hampir separuh warga AS tidak memakai masker bahkan saat COVID-19 mencapai puncaknya.

Dilansir dari Reuters, WHO mendesak setiap negara mempertimbangkan kondisi Corona di wilayahnya masing-masing sebelum menerapkan aturan serupa seperti di AS. Terutama, seberapa tinggi penularan lokal COVID-19 masih tercatat.

Baca Juga : Pemerintah Indonesia Resmi Cabut Status Pandemi COVID-19

“Negara yang ingin mencabut aturan memakai masker, itu seharusnya hanya dilakukan dalam konteks mempertimbangkan intensitas penularan Corona di daerah tersebut dan tingkat cakupan vaksinasi,” jelas pakar darurat utama WHO, Mike Ryan, dalam konferensi pers virtual, Jenewa.

Komentar
Berita Terbaru