Rabu, 18 Januari 2023 16:13

Air Laut Hijau di Selayar, Pemkab Minta Warga tak Konsumsi Ikan Laut

Tangkapan layar air laut berwarna hijau di Kabupaten Selayar, Sulsel.
Tangkapan layar air laut berwarna hijau di Kabupaten Selayar, Sulsel.

ABATANEWS, SELAYAR – Warga Kepulauan Selayar, Sulsel, dihebohkan dengan munculnya air laut berwarna hijau. Fenomena itu, mulai muncul di salah satu pantai di Selayar, sejak Selasa (17/1/2023) dan beredar luas di media sosial.

Tak hanya itu, bau busuk juga menyengat di area pantai yang berwarna hijau. Akibatnya, banyak ikan yang mati mendadak.

Menanggapi fenomena itu, Wakil Bupati Selayar, Saiful Arif mengimbau masyarakat sekitar untuk tidak mengkomsumsi ikan laut. Utamanya, yang diambil di lokasi air laut yang menghijau.

Baca Juga : Soal Hujan Es di Makassar dan Maros, BMKG: Bukan Fenomena Luar Biasa

“Mohon jangan dikomsumsi dulu, sebelum ada kepastian dari uji laboratorium. Bahwa ikan tersebut aman dan tidak berbahaya, ini sebagai bentuk langkah antisipasi,” imbuh Saiful Arif, Rabu (18/1/2023).

Wakil Bupati Selayar, Saiful Arif saat meminta masyarakat setempat tidak mengkonsumsi ikan laut yang mati di sekitar air laut yang berwarna hijau.

Ia mengungkapkan, Pemda melalui Dinas terakit telah mengambil sampel. Sampel tersebut, terdiri dari air laut maupun ikannya.

Baca Juga : Hujan Es Melanda Makassar dan Maros, Warga Dibuat Heboh

Nantinya, sampel yang diambil dilakukan uji laboratorium di Makassar. Sehingga, ia kembali meminta agar masyarakat tidak mengkonsumsi ikan yang mati di area laut yang berwarna hijau.

“Karena bisa saja ini adalah racun yang komsumsi ikan sehingga mati, atau bisa saja kadar air yang sudah tidak nyaman bagi ikan lalu mati. Nah itu yang belum bisa kita pastikan, kita tunggu hasil uji lab,” pungkas Saiful Arif.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar