Jumat, 24 Desember 2021 12:31

HIKMAH

Ada Waktu 1 Jam di Hari Jumat Paling Mustajab untuk Berdoa

Ada Waktu 1 Jam di Hari Jumat Paling Mustajab untuk Berdoa

HARI Jumat adalah hari yangi stimewa bagi umat Muslim. Tapi, ada satu jam waktu paling baik untuk berdoa di hari jumat.

Rasulullah SAW dalam hadistnya telah menjelaskan keistimewaan momen tersebut, sehingga jangan sampai dilewatkan umat Islam.

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

Baca Juga : Malam Nisfu Sya’ban, Ini Keistimewaan Hingga Hadist-nya dan Risala Para Ulama

Artinya: “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR Bukhari).

Syekh Ali Jaber dalam siaran YouTube di channel TAMAN SURGA.NET menjelaskan, siapa saja yang berdoa di saat itu maka doanya tidak tertolak. Allah SWT akan mengabulkan doa yang dipanjatkan hambaNya.

Dalam siaran berjudul 4 Amalan Paling Utama di Malam Jum’at yang diunggah pada (28/1/2021), ulama kharismatik ini menjelaskan para ulama masih beda pemahaman terkait momen tersebut. Namun beberapa hadist yang dianggap kuat merujuk pada satu momen khusus.

Baca Juga : Nasihat Lukmanul Hakim

“Dari hadits yang paling kuat ada satu jam yang terakhir pada sore hari. Jika maghrib pada pukul 18.00, maka mulainya dari jam 17.00. Intinya satu jam sebelum maghrib silahkan berdoa,” kata Syekh Ali Jaber yang lahir dan besar di Madinah.

Umat muslim tidak perlu terus berdoa selama satu jam terakhir menjelang maghrib. Tiap muslim bisa berdoa selama 10 menit atau sesuai kebutuhannya. Yang jelas di penghujung waktu sholat ashar hari Jumat tersebut, umat muslim harus berdoa dan jangan sampai melewatkannya.

Syekh Ali Jaber menjelaskan, saking istimewanya momen tersebut maka seluruh kegiatan terkait pendidikan di Madinah berhenti. Para murid dan guru meninggalkan buku, ceramah, hingga studinya untuk berdoa selama satu jam tersebut.

Komentar