Selasa, 06 September 2022 16:45

Ada Perubahan Arus Lalu Lintas Selama Makassar F8, Ini Rekayasanya

Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar telah mematangkan rekayasa lalu lintas menjelang Makassar International Eight Festival and Forum atau Makassar F8.
Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar telah mematangkan rekayasa lalu lintas menjelang Makassar International Eight Festival and Forum atau Makassar F8.

ABATANEWS, MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar telah mematangkan rekayasa lalu lintas menjelang Makassar International Eight Festival and Forum atau Makassar F8.

Ratusan petugas akan ditempatkan di sejumlah titik untuk mengatur kondisi arus lalu lintas, agar kemacetan tidak mengular.

Dishub Makassar juga sudah menyediakan tempat atau kantong parkir bagi pengunjung maupun tamu undangan Makassar F8. Seperti di bekas taman gajah. Digunakan sebagai parkiran kendaraan roda dua atau motor.

Baca Juga : Hadiri Halalbihalal Disdik, Indira Yusuf Ismail Satukan Tekad untuk Pendidikan Dua Kali Tambah Baik

“Di eks taman gajah (taman GMTD) satuan ruang parkirnya bisa menampung 200 motor,” kata Kepala Dishub Makassar, Iman Hud, Selasa, (6/09/2022).

Tidak jauh dari bekas taman gajah, tepatnya di taman Samsat, juga dijadikan sebagai kantong parkir bagi kendaraan roda dua. Satuan ruang parkirnya dapat menampung 200 motor.

“Termasuk di dekat kayu bangkoa (sekitaran hotel MGH) 150 satuan ruang parkirnya untuk roda dua,” sebut Iman Hud.

Baca Juga : Hadiri Halal Bi Halal Bapenda, Pj Sekda Makassar Pacu Kinerja Pegawai Menuju PAD Rp 2 T

Untuk parkiran kendaraan roda empat atau mobil, Dishub Makassar telah menyiapkan tempat di area kawasan CPI, sisi utara. Bisa menampung 200 mobil.

“Ini sebagai titik parkiran utama atau VIP. Titik parkir utama ini, di hari pembukaan Makassar F8 juga bakal dijadikan tempat pendaratan pasukan terjun payung. Sehingga, difungsikan sekitar pukul 18.00 WITA atau jam 6 magrib,” jelas Iman Hud.

Dishub Makassar juga menutup sebagian ruas jalan Penghibur dan Lamadukelleng. Penutupan sebagian jalan Lamadukelleng, bisa digunakan sebagai tempat parkiran kendaraan.

Baca Juga : Danny Pomanto Yakin Gedung Baru Mall Pelayanan Publik Makassar Segera Beroperasi Juli 2024

“Sekitar 300 personel akan ditempatkan di lokasi yang sudah ditentukan untuk mengarahkan kendaraan ke jalur yang sesuai dengan rekayasa lalu lintas. Tentunya, untuk mengurai kemacetan,” kunci Iman Hud.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Makassar, Syafran menambahkan, di titik parkiran utama roda dua, juga merupakan area pintu masuk 1 bagi pengunjung Makassar F8.

“Ada tambahan terkait penyediaan kantong-kantong parkir roda empat, sebagian besar dialokasikan ke kawasan CPI, akan dikoordinasikan agar dekat lego-lego dijadikan kantong parkir (roda empat). Terkait operasional parkir, dishub berkoordinasi dengan PD Parkir,” tambahnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Arahkan OPD Tuntaskan Pembangunan Infrastruktur dan Penguatan Branding Makassar Kota Makan Enak

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitaran lokasi penyelenggaraan Makassar F8:

1. Jalan Ratulangi-Haji Bau satu arah dari timur ke barat menuju jalan Metro Tanjung Bunga, belokan ke kanan Jalan Penghibur ditutup atau diblok.

2. Dari jalan Metro Tanjung Bunga, belokan kiri ke Jalan Penghibur ditutup (area drop off). Kendaraan harus belok kanan ke Jalan HM Saleh (samping Rumah Jabatan Wali Kota) untuk menuju ke Jalan Arief Rate.

Baca Juga : Danny Pomanto Dorong KBA SMPN 5 Makassar Bentuk Skill Holding, Data Keahlian Alumnus

3. Dari Jalan Arief Rate, kendaraan bisa masuk ke Jalan Yosep Latumahina untuk menuju ke Jalan Penghibur. Selanjutnya, belok kanan ke Jalan Maipa. Sebagian jalan Penghibur tembusan ke Datu Museng ditutup.

4. Dari Jalan Maipa ke Lamadukelleng, belokan kanan ditutup. Kendaraan harus belok kiri ke Jalan Hasanuddin.

5. Jalan Datu Museng berubah arah, dari barat ke timur menjadi timur ke barat. Kendaraan tidak boleh lurus ke ujung pembelokan Rumah Sakit Stella Maris. Harus belok ke Jalan KH H Ahmad Dahlan.

Baca Juga : Silaturahmi Idul Fitri, Danny Pomanto dan OPD Pemkot Sambut Kapolda Sulsel di Kediaman

6. Kendaraan dari Jalan Sombaopu tidak boleh belok kiri ke Jalan Datu Museng. Harus belok kanan ke Jalan Penghibur.

7. Kendaraan dari Jalan Penghibur tidak boleh lurus langsung ke Jalan Pasar Ikan atau Jalan Ujung Pandang (area drop off). Harus belok kanan ke Jalan Bau Massepe.

8. Kendaraan dari Jalan Pasar Ikan atau Jalan Ujung Pandang bisa lurus langsung ke Jalan Penghibur sampai ke area drop off (pembelokan Jalan Bau Massepe dan Jalan Wahab Taru).

Baca Juga : Danny Pomanto Cek Pos Pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah di Dua Titik

9. Kendaraan dari Jalan Arief Rate tidak boleh lurus langsung ke Jalan Cenderawasih dan kiri ke Jalan Haji Bau. Harus belok kanan ke Jalan Haji Bau.

10. Kendaraan dari arah Jalan Cenderawasih tidak boleh lurus langsung ke Jalan Arief Rate. Harus belok kiri ke Jalan Haji Bau.

11. Kendaraan dari Jalan Rajawali harus belok kiri ke Jalan Metro Tanjung Bunga

Baca Juga : Solidaritas Organisasi Perempuan, Ketua TP PKK Makassar Hadiri Bakti Sosial Woman’s

Pelaksanaan Makassar F8 ini diketahui bakal berlangsung selama lima hari di pelataran anjungan Pantai Losari, sejak Rabu 7 September hingga Minggu 11 September 2022.

Penulis : Azwar
Komentar