Selasa, 24 September 2024 16:07

84 Anggota DPRD Sulsel Resmi Dilantik, Satu Orang Batal Dilantik Karena Tersandung Hukum

84 Anggota DPRD Sulsel Resmi Dilantik, Satu Orang Batal Dilantik Karena Tersandung Hukum

ABATANEWS, MAKASSAR – Sebanyak 84 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2024-2029 resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di Kantor DPRD Sulsel, Selasa (24/9/2024).

Sejatinya, total 85 anggota DPRD Sulsel yang remi dilantik. Hanya saja, satu anggota legislatif Hamsyah Ahmad dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), batal dilantik akibat tersandung kasus hukum saat menjabat di periode sebelumnya.

Ketua DPRD Sulsel Sementara, Rachmatika Dewi membenarkan ada satu anggota DPRD Sulsel terpilih yang pelantikannya ditunda. Cicu sapaan akrabnya mengatakan jadwal pelantikan Hamsyah menunggu keputusan hukum.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Respons Dugaan Pelanggaran Seleksi KPID-KI

“Kalau tidak salah masih ada satu anggota legislatif yang tidak dilantik. Itu kita masih menunggu (proses hukumnya),” kata Cicu kepada wartawan.

Adapun Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sulsel, Muhammad Jabir menyampaikan pelantikan ini menetapkan pimpinan DPRD Sulsel terdiri dari satu Ketua dan satu wakil ketua. Hal ini merujuk berdasarkan partai dengan perolehan kursi tertinggi

“Ibu Andi Rachmatika Dewi selaku ketua sementara dari Partai NasDem, dan Bapak Rahman Pina sebagai wakil ketua sementara dari Golkar,” jelasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar