Kamis, 18 Januari 2024 09:08

8 Kecamatan Rawan Banjir, Bupati Maros Imbau Warga Mulai Siaga

8 Kecamatan Rawan Banjir, Bupati Maros Imbau Warga Mulai Siaga

ABATANEWS, MAROS — Ada 8 kecamatan di Maros yang diprediksi rawan bencana banjir berdasarkan pengamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros.

Delapan kecamatan tersebut, yaitu Bontoa, Maros Baru, Lau, Turikale, Simbang, Bantimurung, Tompobulu dan Kecamatan Moncongloe.

“Jadi memang delapan daerah ini menjadi pusat perhatian kami ketika cuaca buruk seperti saat ini,” kata Bupati Maros, Chaidir Syam.

Baca Juga : Kades dan Perangkat Desa di Maros Ikut Terima THR dari Pemkab

Dia jumenghimbau agar warga di kecamatan yang dimaksud untuk mulai bersiaga. Apalagi, cuaca buruk diperkirakan akan terjadi hingga tanggal 20 mendatang.

“Apalagi kata dia kondisi air yang cukup deras dari hulu. Jangan sampai ada luapan dari hulu sehingga mengakibatkan banjir,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Maros Fadli menjelaskan jika pihaknya suudah menyiapkan posko utama ketika terjadi bencana.

Baca Juga : 80 Pedagang di Turikale Maros Bakal Berjualan Lagi

Bahhkan pihaknya menyiagakan sekitar 50 personel dan telah menyiapkan sarana dan prasana seperti mesin chain saw, perahu karet, mobil operasional dan lainnya.

“Ada satgas TRC BPBD standby siaga 24 jam untuk menanggapi laporan kejadian bencana yang setiap saat bisa saja terjadi,” sebutnya.

Personel BPBD ini juga kata dia dibagi dalam tiga regu untuk bersiaga di posko utama.

Baca Juga : Pemkab Maros Resmi Kontrak 528 Tenaga PPPK

“Tapi kami tetap berkoordinasi dengan teman-teman dari TNI Polri dan organisasi lain seperti Tagana, PMI dan Pramuka Peduli yang bisa ikut membantu kami saat ada bencana,” pungkasnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar