Kamis, 11 April 2024 16:07

4 Tips Turunkan Kolesterol Pasca Lebaran

Ilustrasi penyempitan pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit Kolesterol. (foto: Google)
Ilustrasi penyempitan pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit Kolesterol. (foto: Google)

ABATANEWS, JAKARTA – Makan makanan enak ialah salah satu hal yang tidak bisa terhindarkan di momen lebaran. Apalagi, momen kumpul bersama keluarga, teman, dan sahabat selalu identik dengan acara makan-makan.

Terlepas dari itu, makan berlebihan tentu punya risiko. Setidaknya, makan dengan tinggi kolesterol tidak bisa terhindarkan.

Dan seperti diketahui, tinggi kolesterol akan jadi pintu masuk banyak penyakit. Lantas, bagaimana cara agar tetap bisa makan enak tapi kolesterol terjaga?

Baca Juga : Hasil Survei Saat Ramadan, Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia Dikeluarkan saat Bukber

Berikut ini 4 tipsnya:

1. Perbanyak serat larut
Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis, apel dan pir

2. Konsumsi asam lemak omega 3
Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol jahat di tubuh. Asam lemak omega 3 justru bermanfaat untuk kesehatan jantung , termasuk mengurangi tekanan darah.

Baca Juga : Chaidir Syam Ancam ASN Maros yang Bolos Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran: Tunda Gajinya

Untuk mendapat asupan asam lemak omega 2, Anda bisa mengonmsi salmon, mackerel, herring, walnut, dan biji rami.

3. Kembali giat olahraga

Aktivitas fisik sedang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa berolahraga minimal 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik yang kuat selama 20 menit tiga kali seminggu.

Baca Juga : Arus Balik, 110 Ribu Penumpang Tinggalkan Sumatera Menuju Jawa Lewat Jalur Laut

4. Imbangi dengan makan sayuran

Untuk menurunkan kadar kolesterol, cobalah membatasi asupan daging merah dan kerang, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Anda bisa memperbanyak asupan sayur seperti kacang-kacangan, polong-polongan, dan bayam yang ampuh turunkan kadar kolesterol dan mengandung protein tinggi.

Penulis : Wahyuddin
Komentar