Kamis, 30 Juni 2022 19:11

Zelensky ke Jokowi: Indonesia Punya Kedudukan Tinggi di Dunia

Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berjalan untuk pertemuan di Kiev, Ukraina, Selasa (29/6/2022). (Foto: Ukrainian Presidential Press Service/REUTERS)
Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berjalan untuk pertemuan di Kiev, Ukraina, Selasa (29/6/2022). (Foto: Ukrainian Presidential Press Service/REUTERS)

ABATANEWS – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menyanjung kunjungan Presiden RI, Joko Widodo, ke Kiev pada Rabu (29/6/2022). Baginya, Indonesia menempati posisi tinggi di antara negara-negara di dunia.

Jokowi mengadakan pertemuan dengan Zelensky di Istana Maryinsky. Ini merupakan kali pertama seorang presiden Indonesia singgah di Ukraina. Jokowi juga merupakan pemimpin Asia pertama yang berkunjung sejak awal invasi Rusia.

Zelensky lantas menggambarkan lawatan itu sebagai momen bersejarah. Dia mengakui, Indonesia menempati kedudukan tinggi lantaran mengemban peran penting dalam organisasi-organisasi internasional.

Baca Juga : Jokowi Terbitkan Keppres Penetapan Keanggotaan Indonesia pada Satgas Anti Pencucian Uang

“Kita apresiasi hal tersebut, terutama Indonesia dan juga keberadaan Anda di negara dunia sangat tinggi. Anda mewakili negara-negara G20 di mana Indonesia merupakan pemegang presidensi tahun ini, dan merupakan negara kuat di ASEAN, dan tahun depan menjadi keketuaan ASEAN,” ungkap Zelensky, seperti dikutip dari Kumparan, pada Kamis (30/6/2022).

“Kehadiran Anda merupakan awal memperkuat koalisi untuk melawan perang yang dilakukan bersama-sama dengan negara-negara untuk mengembalikan stabilitas di dunia,” tambah dia.

Jokowi menerangkan, kunjungan itu juga bertepatan dengan perayaan hubungan diplomatik kedua negara. Dia lantas menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama.

Baca Juga : Jokowi Berencana Lanjutkan Bantuan Pangan Hingga Desember Mendatang

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina,” ujar Jokowi.

Jokowi menemui Zelensky untuk menyerukan penyelesaian damai dalam konflik dengan Rusia. Sebagai pemegang presidensi G20, Jokowi kembali menyampaikan undangan kepada Zelensky untuk menghadiri KTT di Bali pada 15-16 November.

Pertemuan keduanya turut berupaya mengurai krisis pangan akibat perang tersebut. Zelensky lantas mengungkap apresiasi atas berbagai dukungan dari Indonesia.

Baca Juga : RI Kirim Bantuan Obat-obatan untuk Palestina dan Sudan, Nilainya Rp 30 M

Jokowi telah berulang kali menegaskan kedaulatan serta integritas teritorial Ukraina. Selama kunjungannya, Jokowi turut memberikan bantuan pasokan medis bagi Ukraina.

“Kita apresiasi dukungan Indonesia dan juga dukungan personal Anda yang ada untuk memperjuangkan kemerdekaan kita,” tutur Zelensky.

Melanjutkan misi serupa, Jokowi juga akan melawat ke Rusia. Dia akan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, demi mendorong gencatan senjata.

Penulis : Wahyuddin
Komentar