Rabu, 12 April 2023 13:11

Wiljan Pluim Berpeluang jadi Raja Assist Liga 1 Musim 2022-2023

Tangkapan layar Wiljan Pluim saat PSM Makassar melawan PSIS Semarang diputaran pertama Liga 1 musim 2022-2023.
Tangkapan layar Wiljan Pluim saat PSM Makassar melawan PSIS Semarang diputaran pertama Liga 1 musim 2022-2023.

ABATANEWS.COM – Performa PSM Makassar tak lepas dari peran tim pelatih dan pemain yang sangat solit di Liga 1 musim 2022-2023. Berkat itu, Juku Eja julukan PSM mampu merebut trofi Liga 1 musim ini.

Bahkan, selain meraih juara, sejumlah pemain dipastikan bakal mendapat julukan baru. Salah satunya adalah Wiljan Pluim.

Ya, pemain asal Belanda ini memang telah mendapatkan banyak julukan sejak berkait di Indonesia bersama PSM Makassar. Namun, julukan baru bisa saja kembali didapatkan Pluim sebagai Raja Assist Liga 1 musim ini.

Baca Juga : Buntut Pelemparan Suporter, Persija Jakarta Disanksi Komdis PSSI

Diketahui, selama satu musim bersama PSM di Liga 1, pemain asal Belanda itu telah mencatatkan 9 assist. Catatan itu, berdasarkan dari 26 laga yang ia mainkan di Liga 1 musim ini.

Salah satu assist yang paling berkelas dari Pluim, saat melawan Persib Bandung pada 14 Februari 2023 lalu. Pluim kala itu menyodorkan umpan lambung ke Yance Sayuri.

Kemudian Sayuri berhasil mengocek kiper Persib, Teja Pakualam dan bola dioper ke Ramadan Samanta. Pemain berusia 20 tahun itu, pun tak menyia-nyiakan kesempatan yang mana gawang Persib sudah menganga.

Baca Juga : Tumbang Dari Arema, Bernardo Tavares Heran Wasit Tidak Beri Penalti ke PSM

Gol itu lantas menjadi penyama kedudukan bagi PSM atas Persib Bandung. Namun, kemenangan berhasil diraih PSM usai Yance Sayuri berhasil membalikkan kedudukan lewat sepakan jarak jauhnya.

Pasukan Ramang pun berhasil memenangkan laga dengan skor 1-2. Adapun Pluim, bukan satu-satunya pemain yang sukses mencetak 9 assist selama musim ini.

Sebab ia bersaing dengan Stefano Lilipaly (Borneo FC), Teman Silva (Persik Kediri), Alexis Messidoro (Persis Solo) dan Eber Bessa (Bali United). Mereka juga telah mencetak 9 assist.

Baca Juga : Arema FC Raih Kemenangan Perdana di Liga 1 2024-2025, PSM Makassar Alami Kekalahan Pertama

Sehingga, Pluim sapaan akrabnya juga masih berpeluang menambah jumlah assist-nya di laga terakhir Liga 1 musim ini. PSM Makassar sendiri, bakal berhadapan dengan Borneo FC, di Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulsel, pada Minggu 16 April mendatang.

Peluang Pluim menambah jumlah assist-nya pun mendapat keuntungan lebih. Sebab laga ini, PSM bakal bertindak sebagai tuan rumah dan disaksikan langsung oleh para penggemar fanatik klub.

Pluim sendiri sebelumnya mengatakan, sepanjang kariernya baru merasakan momen spesial ini. Apalagi, kondisi tim sangat solid dan mau berjuang untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga : Bernardo Tavares Sanjung Skuad Arema, Sebut Calon Lawan Tim Kuat

“Saya juga berterima kasih kepada tim ini karena sepanjang karir saya tidak pernah melihat klub yang memang berdedikasi seperti ini. Tdak ada yang komplain, fokusnya hanya kerja, kerja, kerja. Pokoknya luar biasa, pemain, staff, kepelatihan, suporter, klub ini luar biasa,” ungkap Wiljan Pluim beberapa waktu lalu.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar