Rabu, 02 Februari 2022 15:38

Warganet Sebut Mirip “Polisi India”, Kapolri Kenang Jasa Bapak Satpam Indonesia

Warna baru seragam satpam berubah jadi warna krem. (Istimewa)
Warna baru seragam satpam berubah jadi warna krem. (Istimewa)

ABATANEWS, JAKARTA – Warna baju satpam resmi berganti. Dari warna coklat muda ke warna krem. Hal itu diresmikan pada hari ini (2/2/2022), yang bertepatan pada HUT Satpam ke-41.

Perubahan warna seragam ini menjadi sorotan warganet. Banyak yang mencibir, bila warna baju satpam terbaru mirip warna baju “polisi india” yang kerap dilihat di film-film.

Baca Juga : Viral Polisi Bagi-bagi Takjil Tapi Pengendara Takut Lewat, Dikira Ada Razia

Perubahan warna ini sebetulnya juga menjadi perguncjingan. Pasalnya, warna sebelumnya yakni coklat muda, disebut mirip dengan warna baju milik Kepolisian Indonesia. Makanya, kerap menimbulkan kebingungan di masyarakat.

Bapak Satpam Indonesia

Baca Juga : Deretan Artis Indonesia yang Berani Adegan Ranjang di Film

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mengenang jasa-jasa Bapak Satpam Indonesia, Jenderal polisi Awaloedin Djamin, saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-41, di di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, pada Rabu (2/2/2022).

“Dalam momentum penuh kehormatan ini, marilah kita sejenak mengenang dan mendoakan Bapak Kapolri sekaligus Bapak Satpam Indonesia, almarhum Jenderal Polisi Awaloedin Djamin,” ujar Jenderal Listyo dalam sambutannya.

Menurutnya, Polri menyadari bahwa dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa sendiri. Keterbatasan sumber daya yang dimiliki Polri, jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang ada tentu memerlukan peran serta masyarakat.

Baca Juga : Jokowi Beri Penghargaan 4 Anggota Polri di HUT Bhayangkara

Karena itu, lanjutnya, berangkat dari permasalahan tersebut, Jenderal polisi Awaloedin Djamin melakukan berbagai penelitian dan studi banding yang kemudian membentuk suatu pengamanan swakarsa yang menggalang partisipasi masyarakat, di mana latihan dasarnya diberikan oleh kepolisian.

“Akhirnya pada 30 Desember 1980, terbentuklah Satpam yang dikukuhkan dalam SK Kapolri SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan,” tutur Sigit.

Sigit berharap semua anggota keamanan sebagai generasi penerus dapat senantiasa meneladani pengabdian, perjuangan, dan prestasi Jenderal Polisi Awaloedin Djamin dalam setiap pelaksaan tugas.

Baca Juga : Oknum Polisi jadi Kurir Narkoba, Bawa 2 Kg Sabu Asal Malaysia

“Teriring doa semoga almarhum mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan yang Maha Esa,” katanya lagi.

Selain itu, Sigit selaku pimpinan Polri juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-41 kepada seluruh anggota satpam di mana pun bertugas.Dia berharap Satpam senantiasa profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan tentunya.

“Terimakasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, badan usaha jasa pengamanan, asosiasi jasa pengamanan, serta stakeholder terkait, atas kerja keras dan pengabdiannya dalam memelihara stabilitas kamtibmas. Sehingga selalu terjaga dan tetap kondusif,” tutur Jenderal Listyo.

Penulis : Wahyuddin
Komentar