Kamis, 16 Maret 2023 21:20

Warga Takalar Kini Punya Penerangan Jalan Tenaga Surya

Warga Takalar Kini Punya Penerangan Jalan Tenaga Surya

ABATANEWS, TAKALAR – Masyarakat Kabupaten Takalarkini memiliki penerangan jalan umum bertenaga surya dan pembangkit Listrik Tenaga Surya. Tahun 2023 ada 9 titik di Takalar yang mempunyai penerangan jalan umum tenaga surya.

Titik itu antara lain Kecamatan Polobangkeng Utara, Polonbangkeng Selatan, Mangara Bombang, Mappakasunggu, Sanro Bone, Galesong dan Galesong Utara.

Sedangkan untuk Pembangkit listrik berada di pesantren Modern Al Qamar Kelurahan Bajeng Kabupaten Gowa. Totalnya PJUTS lebih 500 titik pengusulan tahun ini 100 titik.

Baca Juga : HGU Lahan Sudah Berakhir, Aktivitas PTPN Dihentikan Warga Polongbangkeng

Penerangan jalan umum bertenaga surya dan pembangkit Listrik Tenaga Surya dibangun dari anggaran nasional dari ABPN.

Penerangan jalan itu adalah program Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI yang mengurusi Energi. Riset dan Teknologi. Lingkungan Hidup.

Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) itu diresmikan di Kabupaten Takalar Sulsel, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga : Wakili Pj Bupati dalam Forum SPBE, Kadis Kominfo Takalar: Kita Komitmen laksanakan SPBE

“Kementerian ESDM terus bersama-sama berkolaborasi mengalokasikan wise budgeting untuk pemanfaatan APBN kepada masyarakat,” kata anggota Komisi VII DPR RI Ridwan Andi Wittiri di Takalar Kamis (16/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Ridwan Andi Wittiri mengenang perjalanan proyek pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) itu.

Komentar