Minggu, 19 Desember 2021 19:04

Warga Sipil Myanmar Bentuk Pasukan Siapkan Perlawanan pada Militer

Warga Myanmar dengan tato Aung Suu Kyi di punggung (foto: Stringer/Reuters)
Warga Myanmar dengan tato Aung Suu Kyi di punggung (foto: Stringer/Reuters)

ABATANEWS, MYANMAR — Di sebuah kamp hutan rahasia di negara bagian Karen timur Myanmar, seorang pelatih kebugaran dan warga sipil lainnya berlatih dengan gerilyawan etnis bersenjata untuk melawan pengambilalihan militer negara itu.

Hidup di bawah tenda-tenda darurat di perbukitan terpencil dekat perbatasan Thailand, para rekrutan baru ini belajar cara memakai senapan dan memasang detonator untuk bom rakitan. Mereka bersiap untuk bertempur melawan tentara di balik kudeta 1 Februari.

Reuters berhasil mengambil rekaman langka dari pria dan wanita muda yang mengatakan mereka meninggalkan pekerjaan di kota untuk menjadi pejuang gerilya, menukar kaos bermerek dan gaun warna-warni dengan seragam tentara.

Baca Juga : Amerika Marah Besar atas Aksi Tentara Myanmar Bakar 11 Warga Sipil

Seorang juru bicara pemerintah militer Myanmar tidak menanggapi permintaan komentar tentang kelompok itu dan pasukan pertahanan sipil lainnya di seluruh negeri.

Beberapa rekrutan mengatakan mereka mengangkat senjata karena demonstrasi massa setelah kudeta gagal menghalangi penguasa baru mereka, yang melakukan tindakan keras terhadap protes.

“Mengangkat senjata adalah satu-satunya pilihan bagi kami,” kata mantan pelatih kebugaran berusia 34 tahun, yang tidak ingin namanya disebutkan.

Baca Juga : Keji! Militer Myanmar Bakar Hidup-hidup 11 Warga Tak Bersalah, Ada Remaja

Tato di punggungnya adalah kata-kata “Kebebasan untuk Memimpin” dan wajah pemimpin sipil Myanmar Aung San Suu Kyi yang digulingkan dan telah divonis bulan ini karena hasutan dan melanggar pembatasan virus corona.

Keputusan itu menuai kecaman internasional. Junta mengatakan itu menunjukkan bahwa tidak ada seorang pun di atas hukum dan bahwa sistem peradilan “tidak memihak”.

Pelatihan warga sipil adalah Karen National Union, salah satu kelompok etnis bersenjata terbesar di negara itu yang menyatakan solidaritas dengan para pengunjuk rasa dan mengizinkan ribuan orang mencari perlindungan di wilayah mereka.

Baca Juga : Aung San Suu Kyi Divonis Empat Tahun Penjara

Ratusan kelompok perlawanan serupa telah bermunculan di seluruh negeri, koalisi longgar pemberontak bersenjata anti-kudeta yang menyebut diri mereka Pasukan Pertahanan Rakyat.

Salah satu penyelenggara pelatihan, mantan aktivis mahasiswa, mengatakan ada lebih dari 100 warga sipil muda dalam pelatihan kelompoknya untuk berperang, dengan anggota baru yang datang secara teratur.

Komentar