Minggu, 31 Maret 2024 21:19

Viral Foto Prewedding Anggota TNI Pakai Dua Tank Tempur, Netizen Protes

Foto prewedding anggota tni pakai tank. (Foto: X @Miduk17)
Foto prewedding anggota tni pakai tank. (Foto: X @Miduk17)

ABATANEWS.COM – Sebuah video yang memperlihatkan aksi seorang anggota TNI melakukan sesi foto preweding menggunakan dua tank tempur viral di media sosial.

Diketahui, video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Tiktok @kertasputih.project, yang merupakan vendor dokumentasi foto dan video wedding di Semarang.

Dalam video tersebut terlihat sepasang kekasih melakukan foto preweding di sebuah lokasi dengan latar persawahan dan pegunungan.

Baca Juga : Gunakan Mobil Plat TNI, Pria Cekcok di Jalan Tol Ngaku Anggota dan Punya Saudara Jenderal

Calon pengantin pria mengenakan pakaian dinas khas TNI Angkatan Darat, sementara calon pengantin wanita mengenakan gaun panjang berwarna putih.

Pasangan tersebut terlihat berpose di dekat dua tank, bahkan salah satu foto menampilkan keduanya berpose sambil menaiki tank. Selain itu, narasi dalam video juga menyinggung tentang prewedding yang hanya membawa bunga.

“Preweding kok bawa bunga, minimal bawa tank lah,” bunyi narasi video tersebut.

Baca Juga : Sembunyikan Papan Parkir Gratis, Pegawai Minimarket dan Tukang Parkir Nyaris Baku Hantam

Namun, video prewedding tersebut kini telah dihapus oleh pengunggah. Meski telah dihapus, video tersebut sudah terlanjur beredar di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun X @Miduk17.

Akun tersebut mempertanyakan aturan penggunaan tank. Dia juga membahas tentang pembelian tank yang bersumber dari uang rakyat.

“Hallo @Puspen_TNI, gimana sih aturannya Prewedding pakai Tank alat Alutsista?Jika prajurit saja boleh, mestinya seluruh rakyat Indonesia bisa prewedding pakai Tank, Pesawat Tempur, Bazooka, AK-47, Kapal Perang, Apache, Kapal Selam dll,” tulis akun X @Miduk17.

Baca Juga : Wanita Terekam Guling-guling di Jalan Raya Hingga Viral di Media Sosial

“Ingat, uang untuk beli Alutsista itu bukan uang Prajurit, tapi uang rakyat. Setiap tahun rakyat iuran beli tank dan Alutsista untuk pertahanan negara, bukan utk hal-hal lain,” tambah akun tersebut.

Sontak, video tersebut viral dan mengundang perhatian netizen yang memberikan beragam komentar.

“Bahan Bakar untuk menggerakkan alutsista itu dari uang rakyat. Saya tahu persis butuh berapa galon Solar untuk menggerakkan tank dari garasi ke halaman. Itu duit rakyat buat beli solar woy,” tulis akun @fah***.

Baca Juga : Digeruduk Netizen, Pertamina Akan Investigasi Karyawan yang Ludahi Wanita

“Kalau cuma foto di Museum sih ga papalah. Ini pake acara Tanknya berpindah tempat. Emang mainan. Aneh,” tulis akun @sim***.

“Harus nya kita kita juga boleh dong ya pakai alutsista untuk prewed. Kan uang uang kita juga. Wih jadi ingin pre-wed depan leopard Kalau di US, kita bisa request flypass pesawat tempur/heli buat event event kita sih,” tulis akun @omd***.

“Next jika yang lain pengen preweding boleh dong…kan itu uang kita juga,” tulis akun @_ri***.

Baca Juga : Parkir Cuma 21 Menit, Pengemudi Ini Bingung Harus Bayar Rp48 Juta

“Ini beli tank dll nya pake duit pajak juga kan ya? Hahaha. Gini amat jadi sipil. Sad,” tulis akun @pam***.

Penjelasan TNI AD
Menanggapi video viral tersebut, Brigjen Kristomei Sianturi selaku Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat telah buka suara. Dia menjelaskan bahwa prajurit yang ada dalam video tersebut berinisial Pratu TLA.

Sesi foto preweding tersebut dilakukan di Tank Rideban Yonkav 2/TC Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada 24 Maret 2024.

Baca Juga : Viral Seorang Ibu Marah ke Guru Karena Meja Sekolah Anaknya Beda dengan Siswa Lainnya

Kristomei menegaskan bahwa penggunaan alutsista tersebut tidak melanggar aturan kesatuan karena seluruh persyaratan izin dan administrasi telah dilakukan Pratu TLA.

Selain itu, pengambilan foto prewedding tersebut dilakukan di dalam satuan, Yonkav-2/TC yang berada di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, bukan di jalanan umum.

“(Izin diberikan) selama tidak mengganggu operasional dan tidak dilakukan pada tempat-tempat terbatas dan rahasia serta ada izin dari komandan satuan yang bersangkutan, tidak masalah,” kata Kristomei Sianturi dalam keterangannya.

Baca Juga : Viral Mobil Fortuner Mogok Diderek Motor Supra Hanya Pakai Tali

Menurut Kristomei, penggunaan tank untuk keperluan properti foto bukan untuk pamer tetapi hanya untuk sebuah kebanggaan.

“Tujuan video tersebut bukan untuk pamer, namun hanya semata mata wujud rasa bangga yang bersangkutan sebagai prajurit Korps Kavaleri,” lanjutnya.

Kristomei juga menjelaskan bahwa video tersebut diunggah oleh akun vendor pre wedding tersebut. Video tersebut disebar oleh pihak fotografer tanpa sepengetahuan pihak Pratu TLA dan calon istrinya.

Penulis : Azwar
Komentar