Selasa, 27 Februari 2024 19:06

Viral Aliran Sesat Bolehkan Jemaah Tukar Pasangan, Ahmad Sahroni: Bahaya Ini

Viral aliran sesat bolehkan jemaah tukar pasangan. (Foto: Kolase Instagram @terangmedia dan @ahmadsahroni88)
Viral aliran sesat bolehkan jemaah tukar pasangan. (Foto: Kolase Instagram @terangmedia dan @ahmadsahroni88)

ABATANEWS.COM – Beredar video viral yang memperlihatkan seorang pria tua yang diduga kyai mengajarkan ajaran sesat. Pasalnya, dia memperbolehkan jemaahnya untuk bertukar pasangan asalkan saling suka.

Video tersebut viral salah satunya diunggah oleh akun Instagram @terangmedia. Dilihat dari video tersebut, tampak sejumlah kiai duduk di kursi. Sementara sejumlah jemaah pria dan seorang wanita mengenakan cadar hitam berada di hadapan mereka.

Wanita itu tampak bertanya tentang aturan aliran baru tersebut. Kemudian, salah satu dari kiai itu mengatakan kepada wanita itu bahwa antar pasutri boleh tukar pasangan asalkan saling suka.

Baca Juga : Viral, Pria Ngamuk di Jalan Raya Berujung Dilumpuhkan Polisi Hingga TNI

Sementara seorang dari kiai berbaju hijau yang duduk di kursi itu terlihat meraba-raba tubuh wanita bercadar yang sedang duduk bersimpuh di hadapannya.

“Kayak suami istri itu pergaulannya begitu di sini dibebaskan. Mau tukar pasangan pun boleh, yang penting gitu intinya (saling suka). Makanya di agama lain enggak ada,” ujar pria diduga pemimpin aliran sesat tersebut.

Ucapan kiai itu dipertanyakan oleh seorang jemaah pria yang merekam video tersebut.

Baca Juga : Viral Bodyguard Atta Halilintar Tuai Sorotan Usai Ancam Culik Wartawan

“Kok boleh kiai? Kan belum menikah,” tanya seorang jemaah.

“Kebebasan di sini gitu, boleh tukar-tukaran. Sama-sama suka ya udah langsung aja,” sahut seorang pengikut dari kiai tersebut.

Kepada jemaahnya, kiai itu mengaku bahwa ajarannya itu berasal dari leluhurnya dan Allah SWT.

Baca Juga : Gegara Leptop Hendak Diperiksa, Taruna Akpol Cekcok dengan Perwira

“Ajaran dari saya, dari leluhur saya, dari Allah SWT,” lanjutnya.

Kemudian, kiai tersebut mempersilahkan wanita bercadar itu untuk tukar pasangan dengan catatan harus sama-sama suka. Salah satu kiai meyakini kepada wanita itu bahwa dunia akhirat akan dijamin.

“Jangan nyesel ada jaminannya segala-galanya. Semua dijaminkan. Dunia akhirat saya yang jamin,” lanjut kiai tersebut.

Baca Juga : Viral, Ormas Ngamuk di Toko Buah Gegara Hanya Diberi Rp 10 Ribu

Sontak, video tersebut langsung menuai banyak komentar dari netizen yang geram karena kiai tersebut memberikan ajaran yang mengajak jemaah untuk melakukan hal yang sangat menyimpang. Tak sedikit netizen meminta agar segera diusut dan kiainya ditangkap.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni juga berkomentar video viral tersebut. Dia mengunggah ulang video tersebut di akun Instagram pribadinya. Dia menanyakan kepada netizen terkait lokasi video tersebut.

“Maksudnya apa yah ini??? Mohon bantuan temen2 ini dimana yah???,” tulis Ahmad Sahroni dalam keterangan unggahannya.

Baca Juga : Viral Driver Ojol Hina Pegawai Disabilitas, Netizen Geram

Ahmad Sahroni meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mencari tahu lokasi aliran sesat tersebut dan menangkap pimpinannya. Jika dibiarkan, aliran sesat semacam ini bisa berbahaya.

“Mohon Bantuan pak kapolri @listyosigitprabowo segera tangkap. Berbahaya ini,” pungkas Ahmad Sahroni.

Menanggapi keresahan masyarakat, Polres Blitar turun tangan menyelidiki video viral tersebut. Setelah ditelusuri, video tersebut adalah sebuah konten fiktif yang sengaja dibuat seorang YouTuber asal Blitar bernama Samsudin dan diunggah di akun YouTube Mbah Den (Sariden).

Baca Juga : Bak Detektif, Driver Ojol Ini Dapat Orderan Memata-Matai Pacar Customer

Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria menjelaskan bahwa video viral tersebut sempat menimbulkan kegaduhan dan keresahan masyarakat Blitar. Pemilik video mengunggah konten tersebut di kanal YouTube-nya untuk menaikkan viewer dan subscriber.

Namun, penyidik tetap mendalami kasus ini meskipun video tersebut hanya sebuah konten karena sudah meresahkan masyarakat. Polres Blitar akan menindak tegas pelaku. Namun saat ini polisi masih menunggu video klarifikasi dari pelaku.

“Ini sudah meresahkan. Hari ini yang bersangkutan akan membuat klarifikasi kalau tidak kita akan tindak lanjuti,” kata Wiwit Adisatria.

Penulis : Nidi
Komentar