Senin, 11 September 2023 19:11

Vietnam jadi Negara Pertama Lolos Piala Asia U-23, Indonesia Menyusul

Dokumentasi pemain Timnas Vietnam U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23. (foto: AFC)
Dokumentasi pemain Timnas Vietnam U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23. (foto: AFC)

ABATANEWS.COMTimnas Vietnam U-23 dipastikan lolos putaran final Piala Asia U-23. Kepastian itu, setelah The Golden Star Muda sukses meraih dua kemenangan beruntun di Grup C kualifikasi Piala Asia U-23.

Pada laga pertama Vietnam di Grup C melawan Guam U-23, mereka sukses menang dengan skor setengah lusin tanpa balas (6-0). Kemudian di laga kedua grup, mereka kembali menang dengan skor tipis 0-1 melawan Yaman U-23.

Dengan koleksi enam poin dari dua laga, pesaing Vietnam di Grup C tak lagi bisa mengejar meski masih menyisakan satu laga lagi. Masing-masing adalah Singapura U-23 dan Guam U-23 sudah dipastikan tersingkir setelah menelan dua kekalahan beruntun.

Baca Juga : Shin Tae-yong Tidak Dibebani Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Dengan dua kekalahan beruntun itu, masing-masing negara belum meraih poin di Grup C. Sementara Yaman U-23 baru mengoleksi tiga poin dari dua laga yang dilakoni di Grup C.

Dengan begitu, Vietnam menjadi negara pertama yang lolos Piala Asia U-23 menemani tuan rumah Qatar U-23. Sementara negara lain termasuk Timnas Indonesia U-23 akan ditentukan nasibnya di laga terakhir.

Indonesia sendiri, akan menghadapi Timnas Turkmenistan U-23 di laga terakhir Grup K kualifikasi Piala Asia U-23. Pertandingan akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Selasa malam (12/9/2023).

Baca Juga : Bantai Vietnam 5-0, Indonesia Raih Juara Ketiga Piala AFF U-16

Peluang Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-23 pada 2024 mendatang sangat terbuka lebar. Sebab di partai pertama melawan Timnas China Taipei U-23 sukses membantai dengan skor 9-0.

Dengan kemenangan itu, anak asuh Shin Tae-yong memuncaki klasemen sementara Grup K dengan 3 poin. Sementara Turkmenistan U-23 berada di posisi kedua klasemen Grup K dengan 3 poin.

Turkmenistan tergeser dari puncak klasemen Grup K oleh Indonesia dengan selisih 5 gol dari Indonesia. Nantinya, pertanian Indonesia vs Turkmenistan akan menentukan nasib kedua negara.

Baca Juga : Jadwal Timnas Indonesia vs Australia: Nova Arianto Waspadai 3 Pemain Lawan

Jika Indonesia mampu menang dipastikan lolos dengan status juara grup. Sementara jika imbang Indonesia tetap menjadi juara grup karena unggul selisih gol dari Turkmenistan. Namun jika kalah, Indonesia akan bersaing memperebutkan runner-up terbaik.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar