Rabu, 17 Agustus 2022 10:26

Upacara Peringatan HUT RI ke-77, Jokowi Pakai Baju Adat Buton, Ma’ruf Kenakan Adat Banten

Tangkapan layar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin dalam upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'aruf Amin dalam upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

ABATANEWS – Perayaan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara tahun ini cukup berbeda ketimbang sebelumnya.

Sebab, HUT RI ke-77 ini, dimeriahkan dengan penggunaan baju adat oleh para pejabat.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin turut mengenakan baju adat.

Baca Juga : Resmikan Kawasan Indonesia Islamic Financial Center, Jokowi Minta Penguatan Ekonomi Syariah

Tetapi, keduanya menggunakan baju adat berbeda dalam upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Dalam kanal YouTube sekretariat Presiden, Jokowi sapaannya mengenakan baju adat adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Sementara Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin juga mengenakan baju adat yang diketahui dari Provinsi Banten.

Baca Juga : Jokowi Berikan Bonus Atlet Paralimpiade Paris 2024, Totalnya Rp 6 Miliar

Upacara HUT ke-77 RI diawali dengan kedatangan Presiden RI beserta Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Acara dilanjutkan dengan tembakan meriam 17 kali, sirene, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja, dibunyikan selama 1 menit.

Dilanjutkan Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPD-RI Lanyalla Mataliti, mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, Pembacaan Doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga : Jokowi Lantik Aida Suwandi Budiman sebagai Anggota Dewan Komisioner LPSK

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka selanjutnya mengibarkan Bendera Negara Sang Merah Putih, dilanjutkan dengan “flypast” Pesawat Tempur dan Helikopter TNI AU.

Acara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara yang menyanyikan “Hari Merdeka”, medley lagu daerah, “Syukur”, “Ojo Dibandingke dan Joko Tingkir” oleh Farel Prayoga.

Selain menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB, Wapres dan Ibu Wury juga dijadwalkan menghadiri Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di lokasi yang sama.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar