Jumat, 07 Juli 2023 11:18

UNM Lepas Tim PKM yang Akan Lakukan Pengabdian di Majene Sulbar

UNM Lepas Tim PKM yang Akan Lakukan Pengabdian di Majene Sulbar

ABATANEWS, MAKASSAR — Salah satu kewajiban dalam Tridharma Perguruan Tinggi bagi dosen adalah melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM merupakan pengimplementasian teori dalam masyarakat sehingga antara teori dan praktik terjalin sinergitas.

“Yang penting dalam kegiatan PKM ini bagaimana memberi manfaat kepada masyarakat. Berikanlah apa yang dibutuhkan masyarakat. Karena itu, saya mengharapkan agar para pengabdi menunjukkan keberpihakan kepada masyarakat untuk memberi solusi terhadap apa yang dibutuhkan,” tegas Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM) Prof.Dr. Hamsu A. Gani, M.Pd., ketika memberi sambutan pengarahan sekaligus melepas Tim PKM Terpadu PPs UNM melaksanakan pengabdian di Kota Majene, Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat (7/7)di Halaman Gedung DA PPs UNM.

Lanjut, kata Prof Hamsu A. Gani, dalam berinteraksi dengan masyarakat, guru, dan siswa hendaknya selalu mengedepankan etika dan kekompakan karena para dosen pengabdi membawa bendera almamater UNM yang telah tercatat sebagai kampus ternama di Indonesia Timur.

Baca Juga : Satgas PPKS UNM Gelar Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual

Menurut Ketua LP2M UNM, Kegiatan PKM Terpadu PPs UNM mengambil 7 lokasi sekolah di Kota Majene. Selain itu, Kegiatan PKM Terpadu PPs UNM masuk angkatan ke-7.

“Kita selalu berharap dosen UNM terus berkiprah dalam memberikan transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai lapisan dan kalangan masyarakat,”katanya.

“Hari ini, tanggal 7, bulan 7 bertepatan dengan Milad Rektor UNM yang akrab disapa PHS sehingga kegiatan PKM angkatan ke-7 ini sangat bermakna dan strategis bagi dosen UNM,” ungkap Guru Besar FT ini.

Baca Juga : UNM Rebut 3 Medali Emas dalam Abdidaya Ormawa Kemendikbudristek

Sembari mengutip pesan Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU ASEAN Eng., kegiatan PKM sebagai kewajiban mutlak bagi dosen untuk ditunaikan. Karena PKM bagian yang tidak terpisahkan dari Tridharma PT.

“Dosen wajib melaksanakan PKM jika ingin mengembangkan dan meningkatkan karier dalam jabatan fungsional,” jelas Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, M.T., IPM.

Koordinator kegiatan PKM Terpadu PPs UNM yang juga selaku Dekan FBS melaporkan sebanyak 41 tim pengabdi dari PPs UNM. Lokasi PKM terdiri atas SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 5, dan SDN 2 Kampung Baru yang kesemuanya berada di Kota Majene.

Baca Juga : Soal Laporan di Kejati, Rektor UNM: Tak Mungkin Saya Korupsi Gaji Pegawai

Turut hadir dalam acara pelepasan Ketua Senat UNM yang juga menjabat Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan PPs UNM. Kegiatan PKM berlangsung selama dua hari, yaitu 7-8 Juli 2023.

Penulis : Azwar
Komentar