Minggu, 02 Januari 2022 18:24

UNICEF: Lebih 28.500 Anak Meninggal di Afghanistan dalam 16 Tahun Terakhir

Anak-anak afghanistan
Anak-anak afghanistan

ABATANEWSUNICEF mengatakan lebih dari 28.500 anak telah tewas di Afghanistan selama 16 tahun terakhir.

Afghanistan, misalnya, memiliki jumlah korban anak terverifikasi tertinggi sejak 2005, lebih dari 28.500 – terhitung 27 persen dari semua korban anak terverifikasi secara global,” kata Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore dalam sebuah pernyataan.

Afghanistan, Yaman, Suriah, dan Ethiopia utara adalah tempat di mana anak-anak telah menjadi korban di tengah konflik bersenjata dan ketidakamanan yang berkepanjangan, menurut UNICEF. “Tahun demi tahun, pihak-pihak yang berkonflik terus menunjukkan pengabaian yang mengerikan terhadap hak dan kesejahteraan anak-anak,” kata Fore.

Baca Juga : Upaya Dukung Kabupaten/Kota Layak Anak, Pemprov Sulsel Evaluasi RAD-PPATS

Dia meminta semua pihak yang berkonflik untuk mengambil tindakan nyata untuk melindungi anak-anak yang menderita, dan anak-anak sekarat karena ketidakpedulian.

PBB juga telah memverifikasi 266.000 kasus pelanggaran berat terhadap anak-anak di lebih dari 30 situasi konflik di Afrika, Asia, Asia Barat dan Amerika Latin selama 16 tahun terakhir.

Menurut pernyataan itu, ini hanya kasus yang diverifikasi oleh mekanisme pemantauan dan pelaporan yang dipimpin PBB, yang berarti bahwa angka sebenarnya mungkin jauh lebih besar.

Baca Juga : Libatkan Unicef, Pj Bupati Takalar Buka Bimtek Atasi Anak Putus Sekolah

UNICEF juga memperingatkan tentang jutaan anak-anak Afghanistan yang semakin rentan terhadap penyakit karena kekurangan gizi dan krisis pangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Afghanistan menghadapi apa yang oleh badan-badan PBB digambarkan sebagai “salah satu bencana kemanusiaan terburuk di dunia” sejak runtuhnya Kabul pada pertengahan Agustus, yang terjadi setelah penarikan bencana Amerika Serikat dari negara itu.

Militer AS menarik pasukannya dari Afghanistan 20 tahun setelah mereka menginvasi negara itu untuk menggulingkan Taliban, dalam perang yang menewaskan, menurut satu perkiraan, antara 897.000 dan 929.000 orang.

Komentar