Sabtu, 29 Mei 2021 09:28

Tulisan Tangan Albert Einstein E=mc2 Terjual Rp17 Miliar

Tulisan Tangan Albert Einstein E=mc2 Terjual Rp17 Miliar

ABATANEWS – Sebuah surat dengan tulisan tangan Albert Einstein yang berisi persamaan E = mc2 yang terkenal telah terjual di lelang seharga lebih dari USD1,2 juta (Rp17 miliar).

Dilansir The Guardian, Harga ini tiga kali lebih tinggi dari nilai awal yang ditawarkan menurut rumah lelang yang berbasis di Boston.

Pengarsip di Institut Teknologi California dan Universitas Ibrani Yerusalem mengatakan hanya ada tiga tulisan tangan Einstein yang disimpan dan berisi persamaan yang telah mengubah dunia itu.

Baca Juga : Puluhan Kendaraan Milik Pemda Lutra Dilelang, Ini Syarat dan Ketentuannya

Rumah lelang, RR Auction, yang menjual tulisan tersebut mengatakan tulisan keempat ini adalah satu-satunya koleksi yang dimiliki oleh publik. Rumah lelang tersebut awalnya berharap bisa menjualnya sekitar USD 400.000 (Rp5,7 miliar).

“Ini adalah surat penting dari sudut pandang holografik dan fisika,” kata Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif di RR Auction dan menyebut persamaan itu yang paling terkenal di dunia.

Persamaan Einsten yakni energi sama dengan massa dikalikan kecepatan cahaya kuadrat, mengubah fisika dengan mendemonstrasikan bahwa waktu tidak mutlak dan massa serta energi adalah ekuivalen.

Baca Juga : Lelang Tender Tahap II Stadion Mattoanging Dimulai, Nilainya Rp66,2 M

Tulisan tangan Einstein dengan rumus tersebut adalah surat satu halaman dalam bahasa Jerman yang dikirimkannya kepada fisikawan Amerika Polandia Ludwik Silberstein bertanggal 26 Oktober 1946.

Silberstein adalah seorang kritikus terkenal dan penantang beberapa teori Einstein. “Pertanyaan Anda bisa dijawab dari rumus E = mc2, tanpa pengetahuan apapun,” tulis Einstein dalam surat yang ditulis di atas kop surat Universitas Princeton, menurut terjemahan yang disediakan oleh RR Auction.

Surat itu adalah bagian dari arsip pribadi Silberstein, yang dijual oleh keturunannya.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Tayangkan Tender Dini, Mitigasi Keterlambatan Pekerjaan Fisik

Pembeli surat tersebut tidak ingin disebutkan identitasnya. Kelangkaan surat itu memicu perang penawaran sejak lelang dibuka.

Lima pihak menawar secara agresif pada awalnya, tetapi begitu harga mencapai sekitar USD700.000, tersisa hanya dua pihak yang berebut. Lelang dimulai pada 13 Mei dan berakhir pada Kamis lalu.

Komentar