Senin, 17 April 2023 19:14

Tips Meninggalkan Rumah Agar Tetap Aman Selama Mudik, Bikin Hati Tenang

Ilustrasi mengunci rumah. (Foto: Pexels.com)
Ilustrasi mengunci rumah. (Foto: Pexels.com)

ABATANEWS.COMMudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang rutin dilakukan saat sebelum atau setelah Hari Raya Idul Fitri. Saat meninggalkan rumah untuk mudik selama beberapa hari, tentu saja ada kekhawatiran yang membuat perasaan tidak tenang.

Sebagai langkah pencegahan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik lebaran. Hal ini untuk memastikan agar keamanan rumah lebih terjamin sehingga Anda tidak kepikiran dengan keadaan rumah yang kosong.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips meninggalkan rumah agar tetap aman saat mudik:

Baca Juga : Arus Balik, 110 Ribu Penumpang Tinggalkan Sumatera Menuju Jawa Lewat Jalur Laut

Bersihkan Kulkas
Hal yang kerap lupa dilakukan sebelum berangkat mudik adalah membersihkan kulkas. Anda tentu tidak ingin pulang dengan melihat kulkas yang penuh dengan makanan busuk dan bau. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan kulkas dari makanan yang mudah busuk selama ditinggal mudik.

Buang Sampah
Meski terkesan sepele, banyak orang yang lupa membuang sampah yang tersisa di rumah sebelum berangkat mudik. Jika masih ada sampah tersisa, kemungkinan besar Anda akan mencium segala macam bau tengik dan busuk di rumah saat pulang dari mudik. Setelah membersihkan rumah dan kulkas, cek kembali apakah Anda sudah membuang sampah atau belum.

Titip Hewan Peliharaan
Sebelum berangkat mudik, perhatikan keselamatan hewan peliharaan Anda. Jika mudik tidak lebih dari 3 hari, pastikan agar hewan peliharaan Anda mendapat makanan dan minuman yang cukup. Tapi jika mudik lebih dari 3 hari dan ingin mudik dengan perasaan yang tenang, Anda bisa menitipkan hewan peliharaan di pet shop atau seseorang yang bisa dipercaya.

Baca Juga : Menhub Minta Pemudik Pulang Kampung Lebih Awal, Ini Alasannya

Pasang CCTV
Bagi yang memiliki dana lebih, tak ada salahnya untuk melengkapi sistem keamanan rumah saat ditinggal mudik. Pasang beberapa CCTV di rumah yang sudah tersambung dengan aplikasi jarak jauh seperti ponsel agar Anda tetap bisa mengawasi rumah dari jarak jauh. Hal ini untuk berjaga-jaga agar Anda memiliki jejak digital atau rekaman jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di rumah Anda.

Amankan Barang Berharga
Anda bisa menitipkan barang atau surat berharga kepada orang yang dipercaya atau di tempat penitipan terlebih dahulu. Jika ingin tetap meninggalkannya di rumah, simpan barang-barang berharga di tempat yang aman seperti brankas atau lemari yang memiliki password atau bisa terkunci dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian, kebakaran atau banjir.

Cabut Aliran Listrik
Sebelum berangkat mudik pastikan Anda telah melepaskan atau mencabut semua colokan alat elektronik seperti TV, kulkas, dispenser dan barang elektronik lainnya. Anda bisa mencabut seluruh stop kontak untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran.

Baca Juga : Ini Aturan Lengkap untuk Lalu Lintas pada Mudik Lebaran 2024

Lepas Regulator Gas
Tidak hanya mencabut semua aliran listrik, Anda juga disarankan untuk melepas regulator gas. Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda sudah mencabut regulator gas dengan benar agar tidak terjadi kebocoran yang bisa menyebabkan kebakaran.

Mematikan Saluran Air
Sebelum berangkat mudik, disarankan untuk mematikan saluran air agar air bersih tidak terbuang sia-sia dan mencegah pemborosan biaya air. Selain itu, kosongkan semua penampung air di rumah seperti bak atau ember untuk menghindari adanya jentik-jentik nyamuk.

Tutup Lubang Pembuangan
Selama rumah ditinggal mudik, tutup lubang-lubang pembuangan seperti saluran kamar mandi, tempat cuci piring dan beberapa saluran air lainnya. Hal ini dilakukan agar beberapa hewan seperti kecoak, tikus, hingga ular tidak masuk saat rumah ditinggal terlalu lama.

Baca Juga : Pemetaan Korlantas, Ini Sejumlah Titik Rawan Macet pada Mudik Lebaran 2024

Menyalakan Beberapa Lampu
Rumah yang gelap menjadi tanda bahwa tidak ada orang di dalamnya. Hal ini bisa memancing pencuri atau orang jahat untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mencegah hal itu, nyalakan beberapa lampu seperti lampu teras atau lampu yang bisa dilihat dari luar rumah.

Pastikan Pintu Terkunci Rapat
Pastikan untuk memeriksa kondisi pintu rumah terlebih dahulu seperti pintu, jendela dan pintu pagar. Jika perlu, gunakan kunci ganda untuk pintu utama dan gembok beberapa ruangan penting. Sebelum meninggalkan rumah, cek sekali lagi semua pintu dan jendela untuk memastikan semuanya benar-benar terkunci.

Pamit ke Tetangga dan Ketua RT
Sebelum berangkat mudik, sebaiknya berpamitan terlebih dahulu kepada tetangga. Selain itu, pastikan untuk menginformasikan ke tetangga, ketua RT atau satpam bahwa Anda akan mudik beberapa hari. Dengan berpamitan maka tetangga secara otomatis akan ikut menjaga rumah Anda.

Baca Juga : Kemenhub: Pemudik Tahun Ini Diprediksi Mencapai 193 Juta Orang

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika ingin meninggalkan rumah dengan tenang tanpa khawatir saat mudik Lebaran.

Penulis : Nidi
Komentar