Minggu, 02 April 2023 18:08

Tips Mengatur Pola Tidur Agar Tidak Mudah Ngantuk Saat Puasa Ramadan

Ilustrasi seorang wanita tidur di kamar dengan minim cahaya. (Foto: Shutterstock.com)
Ilustrasi seorang wanita tidur di kamar dengan minim cahaya. (Foto: Shutterstock.com)

ABATANEWS.COM – Selama bulan Ramadan, rutinitas dan pola tidur mungkin akan berubah. Hal ini karena orang yang menjalankan ibadah puasa harus bangun pada dini hari untuk makan sahur. Tentu saja hal ini bisa merubah pola tidur yang selama ini sudah terbentuk.

Perubahan tersebut mungkin menyebabkan seseorang mudah merasa lelah, lemas dan mengantuk saat puasa. Lalu, bagaimana cara mengatur pola tidur yang baik selama bulan Ramadan agar tetap bugar dan tidak mudah mengantuk?

Berikut ini 4 tips mengatur pola tidur selama bulan Ramadan dikutip dari laman Kementerian Kesehatan:

Baca Juga : Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah SAW, Amalkan Sebelum Bulan Puasa Berakhir

1. Tidur Lebih Cepat
Selama bulan ramadan, Anda harus bangun lebih awal untuk sahur. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memajukan jam tidur. Misalnya, Anda terbiasa tidur pukul 22.00. Cobalah memajukan jam tidur menjadi 1 jam lebih awal yakni pukul 21.00.

2. Menerapkan Power Nap
Power nap adalah tidur siang dengan durasi singkat sekitar 20 menit di sela-sela kegiatan. Cara ini bermanfaat untuk mengembalikan stamina. Sebaiknya jangan tidur siang lebih dari 20 menit karena bukannya segar, tidur siang terlalu nyenyak bisa menyebabkan rasa lelah dan pusing.

3. Perhatikan Lingkungan Tidur
Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, pastikan kamar tidur dalam kondisi tenang dan minim pencahayaan. Jika perlu, gunakan earplug atau masker mata agar tubuh mudah untuk tidur dan istirahat.

Baca Juga : Bolehkah Baca Al Quran Melalui HP? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

4. Perhatikan Pola Makan
Saat sahur atau buka puasa, hindari makanan yang tinggi kalori, gula, pedas dan makanan yang digoreng dengan minyak terlalu banyak. Hal ini karena sistem pencernaan harus bekerja ekstra untuk mengolah asupan tersebut dan berisiko mengganggu waktu tidur.

Nah itulah sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur pola tidur agar tubuh tetap fit dan tidak mudah mengantuk selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Penulis : Nidi
Komentar