Rabu, 21 Februari 2024 10:09

Tingkatkan Kualitas SDM, Ratusan Guru Ikuti Professional English Training

Tingkatkan Kualitas SDM, Ratusan Guru Ikuti Professional English Training

ABATANEWS, LUWU UTARA – Ratusan guru di Luwu Utara mengikuti Professional English Training dan Adiresy Matematika Smart Indonesia yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara Tahun 2024.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan kegiatan ini bukan optional tapi kebutuhan. Sebab semua orang termasuk guru sudah merasakan perkembangan digitalisasi layanan.

“Jadi akan sangat kelihatan bedanya kalau kita menguasai sesuatum Kegiatan ini bukan optional tapi kebutuhan. Bapak/ ibu sudah merasakan perkembangan digitalisasi layanan. Jadi akan sangat kelihatan bedanya kalau kita menguasai sesuatu,” kata di Aula Hotel Bukit Indah Masamba, Senin (20/2/2024).

Baca Juga : H+2 Idulfitri, Objek Wisata Pincara dan Tamboke Ramai Pengunjung, Ada dari Sorong dan Kolaka Utara

Untuk itu, Indah mengajak para guru agar selalu mengembangkan kompetensi. Karena ini merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar.

Transformasi pendidikan yang dicanangkan pemerintah, lanjut Indah, merupakan proses pengembangan, pembaruan, dan penyesuaian paradigma pendidikan sesuai dengan tuntutan jaman.

Transformasi bertujuan memperbaiki sistem pendidikan melalui program merdeka belajar.

Baca Juga : Bupati Indah Turut Hadiri Open House Pj Gubernur Sulsel di Rujab

“Beberapa upaya yang sudah dilakukan untuk mendukung transformasi pendidikan ini di antaranya perbaikan pada infrastruktur dan teknologi, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya; dan perbaikan kurikulum, pedagogi dan model asesmen,” sebut Indah.

Indah menjelaskan, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan sebuah bangsa. Guru atau pendidik adalah salah satu komponen utama dalam proses transformasi ini.

“Guru bukan hanya penyampai informasi, tetapi juga memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, etika, dan kemampuan siswa,” terang Indah yang juga merupakan anak guru ini.

Baca Juga : Pengujung Ramadan, Indah Tinjau Wilayah Terdampak Banjir di Baebunta Selatan

Melalui kegiatan tersebut, Indah berharap dapat terbangun ekosistem pendidikan yang terintegrasi, memperkuat guru- guru sebagai agen perubahan, dan mendorong perkembangan SDM yang berkelanjutan bagi bangsa Indonesia.

“Kerja sama dengan APKASI juga diharapkan dapat membawa masa depan pendidikan Indonesia khususnya di Luwu Utara menjadi lebih baik, dengan generasi muda yang memiliki keterampilan global dan siap menghadapi tantangan dunia yang terus berkembang,” tutur Indah.

Penulis : Wahyuddin
Komentar