Rabu, 19 Oktober 2022 21:15

Terinspirasi Program Ganjar, Komunitas Pesisir Nelayan Sulsel Gelar Pelatihan di Saugi

Relawan Ganjar Pranowo, Komunitas Pesisir Nelayan Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Pelatihan Pengolahan dan Pengepakan Hasil Tangkap bagi sekitar 100 warga di Kepulauan Saugi, Kabupaten Pangkep, Rabu (19/10/2022).
Relawan Ganjar Pranowo, Komunitas Pesisir Nelayan Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Pelatihan Pengolahan dan Pengepakan Hasil Tangkap bagi sekitar 100 warga di Kepulauan Saugi, Kabupaten Pangkep, Rabu (19/10/2022).

ABATANEWS, SULSEL – Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Pesisir Nelayan Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Pelatihan Pengolahan dan Pengepakan Hasil Tangkap bagi sekitar 100 warga. Kegiatan ini, dilaksanakan di Kepulauan Saugi, Kabupaten Pangkep, Rabu (19/10/2022).

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Sulawesi Selatan Daerah Maros, Angga mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan nelayan daerah sekitar. Apalagi, hampir 90% warga Pulau Saugi berprofesi sebagai nelayan.

“Pelatihan ini bertujuan supaya masyarakat bisa mengoptimalkan kembali hasil tangkapannya sehingga bisa memberikan nilai ekonomis yang lebih,” imbuh Angga.

Baca Juga : Puncak HUT ke-77 PGRI Digelar di Kampung Ganjar Pranowo, Ini Arahan Presiden Jokowi

Kegiatan ini terlaksana, lanjut Angga juga terinspirasi dari figur Ganjar Pranowo. Ganjar, melalui Pemprov Jawa Tengah, meluncurkan program asuransi nelayan (Asnel) yang mampu memberikan rasa aman bagi nelayan.

Sejak pengguliran program Asnel Jateng dan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak 2016 – 2022, ada 151.457 orang nelayan kecil ter- cover asuransi. Hal tersebut diakuinya, merupakan terobosan baru dalam membantu nelayan kecil.

Baca Juga : Survei Indikator Politik Indonesia: Cuma Secuil ‘Warga’ Golkar yang Mau Airlangga Jadi Presiden

“Program tersebut belum ada di provinsi lain. Ini merupakan terobosan dan inovasi perlindungan bagi nelayan,” tutur Angga.

Angga berharap, program tersebut dapat diperluas hingga ke Sulsel. Hal ini, dapat terealisasi jika Ganjar Pranowo memenangkan Pilpres 2024 dan menjadi presiden Indonesia.

“Masyarakat Pulau Saugi menilai bahwa Pak Ganjar merupakan sosok yang tepat menjadi Presiden Indonesia. Dengan sikapnya yang merakyat dan seringkali mendengarkan aspirasi masyarakat lapisan bawah, dirinya dianggap sebagai pemimpin yang mewakili rakyat. Melalui kegiatan ini, saya harap dukungan Pak Ganjar semakin kuat dalam memantapkan kemenangan Pak Ganjar dalam Pilpres 2024,” tutup Angga.

Penulis : Wahyuddin
Komentar