Minggu, 28 Januari 2024 21:34

Terima Kasih Timnas Indonesia!

Dokumentasi skuad Timnas Indonesia.
Dokumentasi skuad Timnas Indonesia.

ABATANEWS.COM – Ucapan terimakasih patut diberikan kepada Timnas Indonesia. Meski telah tersingkir di Piala Asia 2023, Garuda Nusantara telah menciptakan sejarah di turnamen tersebut.

Ya, Indonesia telah dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023 usai tumbang dari Australia. Pertandingan babak 16 besar yang terlaksana di Stadion Jassim Bin Hamad, berakhir 4-0 untuk Australia.

Sejatinya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan telah tampil maksimal. Apalagi di babak pertama, anak asuh Shin Tae-yong sukses menciptakan lima tembakan ke gawang Australia dan satu diantaranya on target.

Baca Juga : Pesaing Timnas Indonesia di Grup A Bidik Juara Piala Asia U-23 Hingga Lolos Olimpiade

Dalam produktivitas penguasaan bola, Indonesia juga tidak buruk-buruk amat. Dengan hanya berbanding 56 persen untuk Australia dan 44 persen untuk Indonesia.

Sayangnya, Indonesia harus kecolingan 2-0 di babak pertama. Gol pertama Australia berasal dari gol bunuh diri Elkan Banggott yang gagal menghalau sepakan Jackson Irvine pada menit 12.

Pada menit 45, Tim Negeri Kangguru mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 sekaligus menutup babak pertama.

Baca Juga : Sembuh Dari Cedera, Elkan Banggot Langsung Cetak Gol

Pada babak kedua, Shin Tae-yong melakukan perubahan dengan menarik Asnawi Mangkualam digantikan Witan Sulaeman. Bahkan, Yakob Sayuri turut ditarik keluar dan digantikan Rizky Ridho.

Sayangnya, tak ada perubahan yang signifikan terutama di lini depan Indonesia. Justru Australi mampu bermain lebih menekan dan memaksa pemain Indonesia lebih dalam bertahan.

Dan benar saja, Australia mampu menggandakan kedudukan menjadi 3-0 di menit 89 lewat pemain pengganti Craig Goodwin. Tak sampai di situ, Australia menambah perolehan golnya menjadi 4-0 berkat sundulan Harry Souttar di menit 90+1.

Baca Juga : Timnas Indonesia Disambut Antusias di Qatar Jelang Piala Asia U-23, Siap Lolos ke Semifinal?

Indonesia pun menyerah dengan skor telak 4-0. Hasil ini membiat Indonesia jadi negara pertama yang tersingkir di babak 16 besar Piala Asia. Sebaliknya, Australia jadi negara pertama melaju ke babak 8 besar.

Meski demikian, lolosnya Indonesia ke babak 16 besar menjadi sejarah. Sebab ini pertama kalinya Indonesia melaju ke face gugur Piala Asia.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar