Sabtu, 05 Oktober 2024 20:10

Taklukkan China, Indonesia Juara Piala Suhandinata 2024

Potert Timnas Bulutangkis Indonesia meraih juara Piala Suhandinata 2024 usai tumbangkan China. Foto: PBSI
Potert Timnas Bulutangkis Indonesia meraih juara Piala Suhandinata 2024 usai tumbangkan China. Foto: PBSI

ABATANEWS, CHINA – Timnas Bulutangkis Indonesia sukses menaklukkan China di final Piala Suhandinata 2024. Kontigen Indonesia mengalahkan China dengan skor 110-103 yang berlangsung di Nanchang Jiangxi China Sabtu (5/10/2024).

Partai partai pembuka, Indonesia harus gagal meraih poin penuh usai tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari tumbuh dari Xu Wen Jing membuat kedudukan menjadi 7-11.

Namun, keunggulan Indonesia mulai tercipta setelah ganda putri Isyana Syahira Meida-Rinjani Kwinara Nastine yang tampil di partai kedua berhasil membalikan keadaan untuk Indonesia.

Baca Juga : Tunggal Putri Indonesia Gregoria Mariska Melaju ke Semifinal Bulutangkis Olimpiade Paris

Keduanya mengalahkan ganda putri China, Chen Fan Shu Tian-Liu Jia Yue hingga memberikan skor menjadi 22-15.

Sementara di partai ketiga, ganda campuran Darren Aurelius-Bernadine Anindya Wardana menyerah dari Lin Xiang Yi-Liu Yuan Yuan. Alhasil, tuan rumah memperkecil jarak menjadi 33-31.

Beruntung, tunggal putra, Moh Zaki Ubaidillah yang diturunkan di partai keempat, berhasil menembak skor menjadi 44-40 dengan mengalahkan wakil China, Hu Zhe an.

Baca Juga : Rasisnya Eks Pebulutangkis Malaysia Keturunan China Ini Saat Kritik BAM: Orang Melayu Malas dan Cuma Salat

Kemudian ganda putra Anselmus Breagit Fredy Prasetya-Pulung Ramadhan kembali menambah skor untuk Indonesia menjadi 55-48 setelah mengalahkan wakil China Hu Ke Yuan-Lin Xiang Yi.

Sang kapten yang kembali diturunkan di tunggal putri kedua, Mutiara Ayu Puspitasari kali ini mampu menambah skor dengan mengalahkan Xu Wen Jing hingga kedudukan menjadi 66-56.

Pasangan Isyana Syahira Meida-Rinjani Kwinara Nastine kembali menjadi andalan dengan mengalahkan wakil tuan rumah Chen Fan Shu Tian-Liu Jia Yue hingga kedudukan menjadi 77-62.

Baca Juga : Resmikan Gedung Olahraga, Hamka Noer: Atlet Harus Diproduksi Seperti di Pabrik

Ganda campuran kedua Darren Aurelius- Bernadine Anindya Wardana harus menyerah dari wakil China Lin Xiang Yi-Liu Yuan Yuan yang membuat skor menjadi 88-77.

Moh. Zaki Ubaidillah yang tampil d partai kesembilan berhasil meraih poin penuh dengan mengalahkan Hu Zhe an dan membawa Merah Putih memimpin 99-87

Sedangkan di partai terakhir ganda putra, pasangan Anselmus Breagit Fredy Prasetya-Pulung Ramadhan berhasil memastikan kemenangan Indonesia atas China.

Baca Juga : Ternyata, Liliyana Natsir Hampir Tolak Penghargaan BWF Hall of Fame

Sekaligus merengkuh gelar Piala Suhandinata 2024 dengan mengalahkan Hu Ke Yuan/Lin Xiang Yi dan membawa skor keseluruhan menjadi 110-103.

Sementara China, fisis sebagai runner-up Piala Suhandinata 2024. Adapun diperiksa ketiga diraih Malaysia usai mengalahkan Jepang dalam perebutan posisi ketiga.

Penulis : Azwar
Komentar