Kamis, 06 Juni 2024 19:10

Takluk 0-2, Kesalahan Bikin Indonesia Dihukum Oleh Irak

Skuat Timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia 2023 di Qatar. (Dok PSSI)
Skuat Timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia 2023 di Qatar. (Dok PSSI)

ABATANEWS, JAKARTATimnas Indonesia menelan kekalahan dari tamunya Timnas Irak dalam lanjutan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, berakhir 0-2 untuk Irak, Kamis (6/6/2024).

Kekalahan ini boleh dikata disebabkan oleh kesalahan yang dibikin pemain Indonesia. Pasalnya, dua gol yang bersarang ke gawang Ernando Ary berasal dari kesalahan sejumlah pemain.

Misalnya gol pertama, blok yang dilakukan Justin Hubner di dalam kotak penalti mengenai tangannya. Jelas saja, wasit menunjuk titik putih alias penalti diberikan oleh Irak.

Baca Juga : PSSI Rilis Daftar Pemain Yang Bakal Ikuti Turnamen Asean Boys Championship U-16

Ayman Husain yang maju sebagai eksekutor sukses mencetak gol sekaligus merubah kedudukan 0-1 untuk Irak di menit 54. Tertinggal 0-1, Garuda Nusantara justru mendapat petaka usai Jordi Amat diusir oleh wasit di menit 59.

Penyebabnya, karena pemain Johor Darul Ta’zim itu menekel lawa dari belakang hingga wasit memberikan kartu merah. Tak sampai di situ, kesalahan lagi-lagi dilakukan pemain Indonesia.

Kali ini, giliran Ernando yang gagal mengantisipasi saat berhadapan satu lawan satu dengan pemain Irak. Kiper Persebaya Surabaya itu, tangannya malah mengenai kaki lawan hingga wasit kembali menunjuk titik putih.

Baca Juga : Indonesia Masuk Grup ‘Enteng’ di Kualifikasi Piala Asia U-20, Indra Sjafri: Kita Hadapi Serius

Beruntung, Ayman Husain yang kembali menjadi eksekutor gagal mencetak gol usai bola melambung tinggi di atas mistar gawang. Namun Ernando kembali melakukan kesalahan dipenghujung laga usai.

Ia, lebih memilih menggocek bola diarea kotak penalti padahal ada dua pemain Irak dihadapannya. Pemain Irak, Jasmin sukses merebut bola dari Ernando dan menendang bola masuk ke gawang sekaligus skor menjadi 0-2 di menit 88.

Hingga perpanjangan waktu, tak ada lagi gol yang tercipta dan skor bertahan 0-2 untuk kemenangan Irak. Dengan hasil ini, Indonesia masih bertahan di posisi kedua klasemen Grup F kualifikasi Piala Dunia dengan 7 poin.

Baca Juga : Shin Tae-yong Akan Berburu Penyerang Diaspora untuk Pertajam Lini Depan

Pada laga selanjutnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bakal menjamu Timnas Filipina. Pertandingan akan berlangsung di SUGBK pada Selasa 11 Juni 2024 mendatang.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar