Kamis, 17 Maret 2022 20:17

SYL Resmi Bergelar Professor Kehormatan FH Unhas

Syahrul Yasin Limpo dikukuhkan sebagai Professor Kehormatan Fakultas Hukum Unhas, pada Kamis (17/3/2022). (Tangkapan layar YouTube Unhas)
Syahrul Yasin Limpo dikukuhkan sebagai Professor Kehormatan Fakultas Hukum Unhas, pada Kamis (17/3/2022). (Tangkapan layar YouTube Unhas)

ABATANEWS, MAKASSAR – Professor Kehormatan resmi melekat buat Syahrul Yasin Limpo. Menteri Pertanian itu dikukuhkan jadi Profesor Kehormatan dari Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) , di di Ruang Senat Akademik, Lantai 2, Gedung Rektorat, pada Kamis (17/3/2022).

SYL, akronim namanya, mengangkat tema “Hibridisasi Hukum Tata Negara Positivistik dengan Kearifan Lokal dalam Mengurai Kompleksitas Kepemerintahan” dalam judul orasi politiknya.

Pengukuhan ini terbilang spesial bagi SYL, karena bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-67.

Baca Juga : KPK Geledah Rumah Adik SYL di Makassar, Apa yang Disita?

Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu mengungkap, bila gelar yang ingin diberikan kepada SYL ini telah diusulkan sejak tahun 2017 lalu.

“Suatu perjalanan yang panjang untuk menunjukkan komitmen kami di dalam memberikan jabatan kehormatan ini sangat seksama,” ujarnya.

“Sehingga terjadi dua peraturan perubahan dari peraturan lama jadi peraturan baru yaitu dulu guru besar tidak tetap sekarang menjadi guru besar kehormatan,” lanjut Prof Dwia.

Baca Juga : KPK Jadwalkan Pemeriksaan Untuk Ahmad Sahroni

Dwia menilai SYL punya kapasitas yang mumpuni dalam teori dan praktik.

SYL dinilai sebagai sumber daya manusia (SDM) yang punya beragam keahlian, baik dalam mengelola pemerintahan maupun dalam pemahaman hukum tata negara.

“Ini tentu akan memperkaya dunia pendidikan tinggi di Indonesia khususnya di Unhas di mana anak-anak akan mendapatkan sumber ilmu yang bervariasi dari pakar murni akademisi dan pakar dalam karya,” pungkasnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar