Minggu, 04 Februari 2024 09:04

Survei: TikTok Pesat, Facebook dan YouTube Dominan

Ilustrasi aplikasi TikTok
Ilustrasi aplikasi TikTok

ABATANEWS.COM — Pew Research Center baru-baru ini merilis hasil survei mengenai penggunaan media sosial oleh orang dewasa di Amerika Serikat (AS).

TikTok, meskipun masih relatif baru, memimpin dalam pertumbuhan dengan lebih dari sepertiga orang dewasa AS mengakui menggunakan platform tersebut, seperti dikutip dari Engadget, pada Minggu (4/2/2024).

Dalam survei yang melibatkan 5.733 responden antara tanggal 19 Mei hingga 5 September 2023, YouTube mempertahankan posisi sebagai platform paling banyak digunakan, dengan 83 persen responden pernah menggunakannya, diikuti oleh Facebook dengan 68 persen.

Baca Juga : Profil TikTok Anda Kerap Dikunjungi? Begini Cara Menonaktifkan Riwayatnya

YouTube dan Facebook tetap dominan di semua kelompok usia, tetapi ada perbedaan signifikan. Misalnya, 93 persen dari kelompok usia 18-29 tahun menggunakan YouTube, sementara hanya 60 persen dari kelompok usia 65 tahun ke atas.

Sementara itu, perbedaan antara pengguna Facebook dari dua kelompok usia tersebut hanya 9 persen. Instagram menduduki peringkat ketiga dengan 47 persen responden menggunakan platform tersebut.

TikTok menonjol sebagai platform dengan pertumbuhan paling pesat, melonjak 12 poin dari 21 persen dua tahun sebelumnya.

Baca Juga : Besok, TikTok Shop Kembali Resmi Beroperasi dengan Syarat Berikut

Perubahan nama Twitter oleh Elon Musk menjadi X turut memengaruhi platform ini, yang mengalami penurunan pengguna sedikit. Reddit mengalami kenaikan sebesar empat poin, meskipun terdapat kontroversi API selama survei.

Pentingnya perbedaan kelompok usia terlihat pada beberapa platform, seperti Instagram yang digunakan oleh 78 persen peserta survei berusia di bawah 30 tahun, dibandingkan dengan hanya 15 persen dari peserta berusia 65 tahun ke atas.

Snapchat juga memiliki perbedaan yang mencolok, digunakan oleh 65 persen mereka yang berusia di bawah 30 tahun, sementara hanya empat persen dari mereka yang berusia 65 tahun ke atas.

Baca Juga : Hari Ini, Tiktok Shop Resmi Ditutup di Indonesia

Demografi usia 40-49 tahun menunjukkan minat tinggi terhadap LinkedIn (40 persen), WhatsApp (38 persen), dan Facebook (75 persen). Selain itu, TikTok sangat populer di kalangan pengguna Hispanik, dengan 49 persen mengakui menggunakannya, dan perempuan lebih cenderung menggunakannya dibandingkan laki-laki.

Platform X lebih disukai oleh mereka dengan pendapatan rumah tangga tahunan minimal USD 100.000.

Penulis : Azwar
Komentar