Minggu, 20 Oktober 2024 18:10

Survei PPI Pilwalkot Makassar: Paslon MULIA Dipuncak, INIMI dan SEHATI Bersaing

Survei PPI Pilwalkot Makassar: Paslon MULIA Dipuncak, INIMI dan SEHATI Bersaing  

ABATANEWS, MAKASSAR – Parameter Publik Indonesia (PPI) mengeluarkan hasil survei terbaru untuk Pilwalkot Makassar. Hasilnya, pasangan calon (Paslon) Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (MULIA) berada di posisi puncak.

Direktur Eksekutif PPI, Ras MD menjelaskan, survei yang dilakukan bertajuk “Empat Poros Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Mulia Perkasa, Inimi vs Adami/Sehati Bersaing, Aman Terbawah)”. Survei ini dengan mencoba memotret elektabilitas dengan simulasi tertutup empat Paslon dan MULIA berada di urutan teratas dengan memperoleh 39,1 persen.

“Sementara Indira Yusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi (INIMI) 19,9 persen Andi Seto Asapa-Rizky Mulfiati Lutrfi (SEHATI) 17,7 persen, dan Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando (AMAN) 2,0 persen serta undicided voter persen 21,3 persen,” kata Ras MD di Makassar, Minggu (20/10/2024).

Baca Juga : Indira-Ilham Pererat Silaturahmi dengan Tokoh KKT Jeneponto

Ia menjelaskan, survei ini dijalankan sejak 3-13 Oktober 2024 dengan jumlah sampel sebanyak 2.000 responden. Sementara metode yang digunakan yakni wawancara tatap muka, margin of eror kurang lebih 2,2 persen.

Ras MD menambahkan, Survei PPI juga melakukan sejumlah simulasi. Diantaranya simulasi tertutup dengan 3 Paslon tanpa pasangan AMAN.

“Hasilnya MULIA tetap berada di atas dengan 39,7 persen, INIMI 20,0 persen, dan SEHATI 18,5 persen dan undicided voter 21,8 persen,” imbuhnya.

Baca Juga : Seto: Selamat Bekerja Presiden Prabowo

Pihaknya juga melakukan simulasi 3 Paslon tanpa Paslon INIMI yang menunjukkan Paslon MULIA kembali mendapat angka paling tinggi. Yakni 40,3 persen, SEHATI 22,1 persen dan AMAN hanya meraih 2,5 persen serta undicided voter berada dikisaran 35,1 persen.

“Sementara untuk posisi head to head antara MULIA lawan SEHATI, pasangan MULIA unggul jauh. Survei yang didapatkan 41,5 persen, sementara SEHATI hanya 22,4 persen dan untuk undicided voter 36,1 persen,” jelasnya.

Pihaknya juga melakukan survei berdasarkan gender laki-laki dan perempuan. Untuk kelompok laki-laki pasangan MULIA unggul 39,3% dari pada pasangan INIMI yang memperoleh angka 17,7 persen, pasanganSEHATI berada diangka 16,9 persen dan pasangan AMAN di angka 2,3 persen.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar