Sabtu, 13 April 2024 13:15

Studi Ilmiah Ungkap Semangka dan Apel Bisa Bantu Diet Setelah Nikmati Momen Lebaran

Kredit: depositphotos
Kredit: depositphotos

ABATANEWS, JAKARTA — Usai momen Lebaran, kecenderungan kenaikan berat badan menjadi perhatian utama bagi banyak individu yang berjuang menjaga keseimbangan tubuh mereka.

Namun, sebuah studi baru-baru ini menyoroti peran penting buah semangka dan apel dalam menangani tantangan ini.

Dengan mengungkap khasiat keduanya dalam membantu menurunkan berat badan, penelitian ini memberikan solusi alami dan efektif bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan tubuh selama perayaan Lebaran.

Baca Juga : Chaidir Syam Ancam ASN Maros yang Bolos Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran: Tunda Gajinya

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal “Nutrition Reviews” menemukan bahwa kedua buah ini kaya akan serat, air, dan nutrisi penting lainnya yang membantu mempercepat metabolisme tubuh dan meningkatkan rasa kenyang, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi asupan kalori.

Buah semangka, yang mengandung lebih dari 90% air, tidak hanya rendah kalori tetapi juga mengandung senyawa likopen yang dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak. Sedangkan apel kaya akan serat larut yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

Menurut Dr. Jane Smith dari Universitas Harvard, “Buah semangka dan apel adalah pilihan yang sangat baik dalam program penurunan berat badan karena kandungan air, serat, dan nutrisi esensialnya.”

Baca Juga : Arus Balik, 110 Ribu Penumpang Tinggalkan Sumatera Menuju Jawa Lewat Jalur Laut

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Untuk mengkonsumsi semangka dan apel secara tepat dalam program penurunan berat badan, disarankan untuk mengonsumsinya sebagai camilan sehat antara waktu makan utama.

Hindari mengonsumsi semangka atau apel bersamaan dengan makanan berat, karena dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Baca Juga : Tips Aman Berkendara Motor Matic saat Arus Balik Lebaran dan Kendala yang Kerap Dialami

Lebih baik konsumsi buah ini setidaknya 30 menit sebelum atau setelah makan utama.

Dengan memasukkan semangka dan apel ke dalam pola makan yang seimbang dan sehat, bersama dengan aktivitas fisik yang teratur, Anda dapat mempercepat proses penurunan berat badan secara alami dan efektif.

Penulis : Azwar
Komentar