Jumat, 17 November 2023 18:14

Soal Gaji PPPK yang Belum Cair, DPRD Bakal Segera Panggil Disdik Sulsel

Ilustrasi CPNS dan PPPK.
Ilustrasi CPNS dan PPPK.

ABATANEWS, MAKASSAR — DPRD Sulsel akan segera memanggil pihak Dinas Pendidikan Sulsel untuk meminta pertanggungjawaban perihal gaji guru PPPK yang tak kunjung cair.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi E, Rahman Pina. Menurutnya, kasus ini harus segera dituntaskan oleh pihak pemerintah provinsi.

“Apa masalahnya? Kok hak PPPK tidak dibayar? Ini tidak terjadi. Kasihan mereka. Anaknya mau makan apa? Itu satu sumber penghasilan mereka,” kata Rahman Pina kepada wartawan, pada Jumat (17/11/2023).

Baca Juga : Stafsus Kepres Bantah Soal Isu Pembukaan CASN Sebagai Ajang Menangkan Prabowo-Gibran 

Ia pun tak menyangka, ternyata, Disdik punya masalah terkait hal ini. Sebab, dalam monitoring dan evaluasi Disdik bersama Komisi E, kata Rahman Pina, tak ada problem seperti itu.

“Semua belanja terkait gaji, kita tak pernah lagi bahas karena dianggap sudah tuntas. Ini baru kita tahu kalau ada masalah. Maksudnya, gaji itu kan belanja rutin yang harus tersedia. Sehingga kadang kita tak bahas lagi,” ujar Rahman Pina.

Politikus Golkar ini berharap Disdik segera menyelesaikan masalah ini. Apapun alasannya, lanjutnya, gaji harus dibayarkan.

Baca Juga : Pemerintah Rencana Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 3 Kali Tahun Ini

“Ya (anggaran tersedia), merekrut itu, artinya harus siap dengan anggaran. Karena itu, kegiatan lain boleh ditunda, tapi gaji tidak bisa,” ujarnya.

Seperti diketahui, perihal gaji tak terbayarkan ini pertama kali mencuat di media sosial. Instagram Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Sejumlah akun mempertanyakan kapan gaji mereka bisa dicairkan oleh pemerintah provinsi.

Penulis : Wahyuddin
Komentar