Rabu, 24 Januari 2024 10:09

Skenario Lolos 16 Besar Peringkat 3 Terbaik Hampir Gagal, Ini Skenario Lain yang Bisa Terjadi untuk Indonesia

Skenario Lolos 16 Besar Peringkat 3 Terbaik Hampir Gagal, Ini Skenario Lain yang Bisa Terjadi untuk Indonesia

ABATANEWS.COM – Skenario agar Timnas Indonesia lolos babak 16 besar Piala Asia melalui peringkat tiga terbaik dipastikan hampir gagal. Hal itu, menyusul pesaing Garuda Nusantara di klasemen tiga terbaik sukses memetik poin penuh.

Diantaranya Timnas Suriah berhasil mengalahkan India pada partai ketiga Grup B dengan skor 1-0 pada Selasa malam. Tambahan tiga poin memastikan Suriah lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik dengan membekukan 4 poin.

Kemudian Timnas Palestina juga memetik kemenangan 3-0 dari Hong Kong di partai ketiga Grup C pada Selasa malam. Tambahan tiga poin memantapkan Palestina di puncak klasemen peringkat tiga terbaik dengan 4 poin.

Baca Juga : Graham Arnold Mundur Usai Timnas Australia Gagal Kalahkan Indonesia

Dengan kemenangan Suriah dan Palestina, China harus tersingkir dari Piala Asia. Sementara klasemen peringkat terbaik masing-masing ditempati Palestina (posisi pertama), Suriah (posisi kedua), Bahrain (posisi ketiga) dengan tiga poin dan Indonesia di posisi keempat dengan tiga poin.

Sebenarnya, masih ada kesempatan Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia lewat jalur peringkat tiga terbaik. Hanya saja, Timnas Oman minimal memetik hasil imbang menghadapi Kirgizstan di partai terakhir Grup F yang akan berlangsung pada Kamis besok.

Selain itu, ada pula skenario terburuk untuk Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia masih lewat jalur tiga terbaik. Diantaranya, Bahrain harus kalah minimal 3-0 dari Yordania pada laga terakhir Grup E.

Baca Juga : Shin Tae-yong Tanggapi Rafael Struick Gabung Brisbane Roar

Skenario terburuk ini bisa digunakan jika Indonesia turut kalah dari Jepang pada laga ketiga Grup D pada malam ini. Asalkan, kekalahan Indonesia minimal sangat tipis dari Jepang.

Jika skenario ini terjadi, otomatis Indonesia akan naik ke posisi ketiga peringkat tiga terbaik. Sementara Bahrain akan turun ke peringkat empat karena kalah dalam jumlah kemasukan gol dari Indonesia.

Sebab sejauh ini, baik Indonesia dan Bahrain sama-sama minus satu kebobolan di peringkat tiga terbaik. Hanya saja, Bahrain berasa di atas lantaran unggul kemenangan berstatus kandang saat melawan Malaysia di laga kedua Grup E.

Baca Juga : Diincar Deretan Klub Eropa, Thom Haye Mantap Pilih Almere City

Andai skenario di atas terjadi dan Oman menang lawan Kirgizstan, posisi Bahrain akan diambil oleh Oman. Sementara Indonesia akan finis di peringkat keempat klasemen tiga terbaik.

Selain itu, hasil imbang atas Jepang juga akan memungkinkan Indonesia akan lolos melalui jalur tiga teebaik. Hanya saja, harus menunggu hasil antara Bahrain versuss Yordania dan Oman versus Kirgizstan.

Meski begitu, Indonesia sejatinya masih bisa lolos dengan status runner-up Grup D. Asalkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sukses mengalahkan Jepang malam ini.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar
Berita Terbaru