Jumat, 07 Oktober 2022 09:17

Sindir PSSI, Mahfud MD: Sejak Dulu Sering Buat Kesalahan

Menkopolhukam Mahfud MD di acara Mata Nadja.
Menkopolhukam Mahfud MD di acara Mata Nadja.

ABATANEWS – Menkopolhukam Mahfud MD blak-blakan menyindir federasi sepakbola Indonesia atau PSSI. Bahkan, ia menyebut jika PSSI sejak dulu sering buat kesalahan.

Hal itu Mahfud sampaikan saat menjadi tamu di acara Mata Najwa yang mengulas terkait Tragedi Kanjuruhan. Bincang terkait hal tersebut dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis malam (6/10/2022).

Menurut Mahfud MD, Tim independen pencari fakta TGIPF yang dibentuk telah memeriksa banyak pihak bahkan telah ada ditetapkan sebagai tersangka. Sementara pihak PSSI, rencananya juga akan diperiksa dan sudah dijadwalkan.

Baca Juga : Segera Dinaturalisasi, Mees Hilgers: Timnas Belanda Hebat Tapi Indonesia Penting Bagiku

“Pasti kita investasi (PSSI) dan kita sudah jadwalkan untuk ditanya. Cuman harus kita tahu ya semuanya. PSSI sering sekali melakukan kesalahan-kesalahan sejak dulu dan bukan hanya yang sekarang,” ungkap Mahfud MD seperti dilansir abatanews, Jumat (7/10/2022).

Kesalahan-kesalahan yang dibuat PSSI kata Mahfud juga terkait adanya kerusuhan dan korban jiwa saat pertandingan sepakbola di Indonesia. Ia menganggap, jika PSSI yang turun tangan untuk melakukan investasi hasilnya selalu nihil.

“Ini gini, kerusuhan (sepakbola) kan sudah sering terjadi, korban jiwa juga sering terjadi. Dibentuk tim investigasi oleh PSSI tapi tidak ada tindak lanjutnya, tidak ada kabarnya. Nah sekarang presiden minta tim investigasi independen. Nanti apa yang kita lakukan kita tentukan,” tegas Mahfud.

Baca Juga : Erick Thohir Pastikan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Segera Bela Timnas Indonesia

PSSI sendiri kerap dikaitkan dengan tragedi Kanjuruhan akhir-akhir ini. Pasalnya, tak ada satupun pihak PSSI yang mau bertanggung jawab setelah adanya tragedi Kanjuruhan dan menewaskan ratusan Aremania.

Bahkan, di media sosial netizen sampai melakukan petisi untuk meminta Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan untuk mundur dari jabatannya. Tetapi, secara tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menolaknya.

Lebih lanjut, Mahfud MD mengaku harus lebih berhati-hati dalam memeriksa PSSI. Pasalnya, antara pemerintah dan PSSI regulasinya jelas berbeda.

Baca Juga : Erick Thohir Bersih-bersih PSSI, PHK 43 Pegawai

PSSI itu terikat pada FIFA. Terkadang kita mau melakukan tindakan di lapangan terhadap PSSI oleh FIFA tidak boleh, ada aturannya. Oleh sebab itu, tim investigasi ini independen kita akan menemukan fakta. Adapun tindakan-tindakannya, ya nanti diatur dengan FIFA,” paparnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar