Jumat, 07 Juni 2024 19:05

Shin Tae-yong Tegaskan Bakal Evaluasi Usai Kalah 0-2 Dari Irak

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong usai laga Indonesia versus Irak di SUGBK Jakarta yang berakhir 0-2 untuk tim tamu. (foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong usai laga Indonesia versus Irak di SUGBK Jakarta yang berakhir 0-2 untuk tim tamu. (foto: PSSI)

ABATANEWS, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan melakukan evaluasi usai takluk dari Timnas Irak. Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta itu, berkahir 0-2 untuk tim tamu, Kamis (6/6/2024).

Salah satu fokus evaluasi pelatih asal Korea Selatan ini, yakni sejumlah kesalahan yang dilakukan anak asuhnya. Terutama, kesalahan individu yang berhujubg merugikan bagi tim.

“Kami menjalani laga dengan baik, ada beberapa kesalahan individu yang harus kami evaluasi. Semoga kami berkembang lagi ke depannya,” kata Ahin usai laga.

Baca Juga : PSSI Rilis Daftar Pemain Yang Bakal Ikuti Turnamen Asean Boys Championship U-16

Salah satu momen kesalahan yang dilakukan pemain Timnas Indonesia, adalah Ernando Ari. Di mana kiper Persebaya Surabaya itu melakukan gocekan tepat di depan gawangnya.

Padahal, dua pemain Irak berasa tepat didekatnya. Alhasil, Jasim sukses merebut bola dari Ernando sekaligus menjebloskan bola ke gawang Indonesia hingga skor berubah menjadi 0-2 untuk Irak di menit 88.

“Para pemain sudah bekerja keras, tetapi memang saya menyayangkan banyak hal, kekalahan ini membuat kami harus berusaha lagi,” cetus Shin Tae-yong.

Baca Juga : Indonesia Masuk Grup ‘Enteng’ di Kualifikasi Piala Asia U-20, Indra Sjafri: Kita Hadapi Serius

Peluang Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sejatinya masih terbuka lebar pasca kalah dari Irak. Namun, Indonesia harus meraih kemenangan mutlak di laga terakhir Grup F melawan Timnas Filipina.

Jika menang, otomatis Garuda Nusantara lolos putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos putaran final Piala Asia 2027 mendatang. Namun, Shin menegaskan untuk sampai ke sana tim kembali harus bekerja keras.

“Kami akan mempersiapkan tim lebih baik pastinya, kami tidak bisa mundur. Kami harus bekerja keras lebih lawan Filipina. Dan memang Filipina juga sulit untuk dihadapi. Tetapi para pemain harus bekerja keras, dan hari ini juga sama,” pungkasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar