Rabu, 13 September 2023 14:10

Shin Tae-yong Buat Rekor Dengan Meloloskan Indonesia di 3 Level

Dokumentasi Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat sesi press converence, Kamis (17/8/2023) jelang melawan Timnas Malaysia U-23 di Piala AFF Cup U-23. (foto: PSSI)
Dokumentasi Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat sesi press converence, Kamis (17/8/2023) jelang melawan Timnas Malaysia U-23 di Piala AFF Cup U-23. (foto: PSSI)

ABATANEWS.COM – Pelatih Timnas Indonesia, Shinta Tae-yong sukses menciptakan rekor usai meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar 2024 mendatang. Pasalnya, pelatih asal Korea Selatan itu menjadi pelatih pertama mampu membawa Indonesia ke ajang tersebut.

Kepastian Garuda Muda tampil di Piala Asia U-23 2024 mendatang usai mengalahkan Timnas Turkmenistan U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Berakhir 2-0 untuk Marselino Ferdinan dan kawan-kawan, Selasa (12/9/2023).

Kemenangan itu membuat Indonesia lolos Piala Asia U-23 2024 dengan status juara grup dengan koleksi 6 poin. Sebelumnya, di laga pertama melawan Timnas China Taipei U-23, Indonesia mampu menang 9-0.

Baca Juga : Potret Witan Sulaeman Tunaikan Ibadah Haji Bareng Istri

Ini bukan kali pertama Shin Tae-yong sukses membawa Garuda Nusantara terbang lebih tinggi. Sebelumnya, Shin juga sukses membawa Indonesia lolos ke Piala Asia yang akan berlangsung di Qatar pada Desember 2023 mendatang.

Indonesia mampu lolos ke ajang tersebut setelah tak berpartisipasi selama 16 tahun lamanya. Kepastian Indonesia lolos ke Piala Asia usai mampu tampil impresif di kualifikasi Piala Asia pada 2022 lalu.

Marc Klok dan kawan-kawan kala itu, mampu mengalahkan tuan rumah Kwait dengan skor tipis 1-2 di laga pembuka grup. Sementara di laga kedua melawan Jordania kalah 1-0 namun sukses membantai Nepal dengan skor 7-0.

Baca Juga : Asean Cup 2024, Indonesia di Grup B Bertemu Dengan Vietnam

Dua kemenangan itu membawa Indonesia lols Piala Asia 2023 dengan status runner-up teebaik. Selain Piala Asia (senior) dan Piala Asia U-23, Shin Tae-yong juga pernah sukses membawa Indonesia ke Piala Asia U-20.

Pada Piala Asia U-20 2022, Indonesia tampil apik di babak kualifikasi. Garuda Muda mengalahkan Vietnam dan menjadi juara grup.

Hanya saja, ketika berlaga di putaran final Piala Asia U-20, langkah Indonesia harus kandas pada fase grup. Indonesia jadi runner-up grup, kalah selisih gol dari Irak.

Baca Juga : Tak Ada Elkan dan Klok, Ini Daftar Pemain Indonesia Disiapkan Lawan Irak dan Filipina

Meski begitu, Shin Tae-yong telah sukses membawa Indonesia lolos di Piala Asia di tiga level dan menjadi rekor tersendiri bagi karir kepelatihannya dan Timnas Indonesia. Masing-masing Piala Asia Senior, Piala Asia U-20 dan Piala Asia U-23.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar