Minggu, 09 Mei 2021 13:07

Shadiq Khan Menang, London Kembali Dipimpin Wali Kota Muslim

Shadiq Khan Menang, London Kembali Dipimpin Wali Kota Muslim

ABATANEWS – Politisi Partai Buruh Sadiq Khan kembali terpilih sebagai wali kota London dalam pemilihan pada Sabtu (8/5/2021). Khan menjadi wali kota Muslim pertama di London setelah menang pada periode pertamnya 2016 silam.

Kemenangan di periode kedua ini sesuai dengan yang diharapkan bagi Partai Buruh, yang mengalami kekalahan di beberapa wilayah lainnya.

Khan mengalahkan kandidat dari Partai Konservatif, Shaun Bailey. Khan unggul dengan perolehan suara 55,2 persen dan Bailey 44 persen.

“Saya sangat tersanjung dengan kepercayaan yang diberikan warga London kepada saya untuk terus memimpin kota terbesar di dunia,” kata Khan.

“Saya berjanji akan berusaha keras untuk membantu membangun masa depan yang lebih baik dan lebih cerah untuk London setelah hari-hari gelap pandemi,” ujar Khan menambahkan.

Dalam kampanyenya, Khan fokus pada penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi pariwisata London. Khan telah menghadapi kritik atas meningkatnya kejahatan kekerasan di ibu kota, terutama penikaman yang melibatkan remaja.

Masalah kekerasan dan masalah keamanan lainnya menyebabkan serangkaian pertengkaran di Twitter dengan mantan Presiden AS Donald Trump.

Partai Buruh mengalami kekalahan dalam pemilihan lokal di Inggris tengah dan utara yang menjadi jantung partai. Wilayah tersebut dikenal sebagai “Tembok Merah” partai. Analis menghubungkan kemenangan ini dengan populasi kota yang lebih muda, lebih beragam secara etnis dan lebih pro-Uni Eropa.

Komentar
Berita Terbaru