Kamis, 09 Maret 2023 20:15

Sentuhan Magis Donald Bissa Bawa PSM Bekuk Persikabo

Striker PSM Makassar, Ramadhan Sananta saat mengeksekusi penalti dan berbuah gol sekaligus mengunci kemenangan PSM 0-1 atas Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/3/2023). (foto: Official PSM Makassar)
Striker PSM Makassar, Ramadhan Sananta saat mengeksekusi penalti dan berbuah gol sekaligus mengunci kemenangan PSM 0-1 atas Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/3/2023). (foto: Official PSM Makassar)

ABATANEWS, MAKASSAR – Tiga poin berhasil didapatkan PSM Makassar dalam duel pekan 29 Liga 1 2022-2023 melawan Persikabo 1973. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, berakhir dengan skor tipis 0-1, Kamis (9/3/2023).

Pasukan Ramang harus menunggu selama 90 menit lebih untuk bisa unggul dari tuan rumah. Pasalnya, di babak pertama kedua kesebelasan harus bermain dengan skor kaca mata meski sejumlah peluang tercipta.

Begitu pula di babak kedua, butuh waktu lama untuk skor bisa berubah yakni di menit 90+6. Adalah melalui Ramadhan Sananta yang berhasil menjebloskan gol ke gawang Persikabo lewat titik putih.

Baca Juga : Safrudin Tahar Resmi Diperkenalkan Malut United, PSM Makassar Angkat Bicara

Eksekusi dingin dan diakhiri tanpa seleberasi Samanta, sukses membawa Laskar Pinisi merubah kedudukan 0-1. Gol itu, juga sekaligus menjadi penentu kemenangan PSM Makassar.

– Sentuhan Magis Donald Bissa

Baca Juga : Tim Promosi Liga 1 PSBS Biak Pinjam Pemain Muda Asal Venezuela

Kemenangan yang diraih PSM Makassar jelas dari hasil kerja keras seluruh pemain dan staf pelatih. Namun yang menjadi catatan, masuknya Donald Bissa menggantikan Everton Nascimento menjadi catatan tersendiri.

Bagaimana tidak, pemain berstatus naturalisasi itu masuk menggantikan Everton di menit 90 saat PSM mendapat tendangan bebas di area lawan. M Arfan yang mengeksekusi bola lantas berhasil disundul Donald.

Sundulannya itu pun bagaikan magic lantaran mengenai tangan salah satu pemain asing tuan rumah terkena bola. Wasit lantas menunjuk titik putih untuk PSM Makassar.

Baca Juga : Lolos Verifikasi, Stadion Batakan Digunakan PSM di Ajang Shopee Asean Champions Club

Para pemain Persikabo bahkan sempat protes dengan keputusan wasit. Ketegangan juga sempat terjadi saat kapten Persikabo, Manahati Lestusen melakukan protes terhadap wasit.

Alhasil, sang pengadil lapangan menghadiahinya kartu kuning buntut protes berlebihannya. Namun, keputusan wasit tetap bulat dengan menunjuk titik putih dan menghasilkan gol bagi PSM sekaligus sukses meraih kemenangan tipis 0-1.

– Makin Dekat Meraih Trofi Liga 1

Baca Juga : Persib Bandung Raih Trofi, Berikut Daftar Juara Liga Indonesia Sepanjang Sejarah

Kemenangan ini, jelas membawa PSM Makassar makin memperlebar poin di atas papan klasemen. Wiljan Pluim dan kawan-kawan juga makin meninggalkan pesaingnya yakni Persib Bandung di posisi kedua dan Persija Jakarta di posisi ketiga.

Sebab dengan tiga poin, PSM kini mengemas 65 angka dan selisih 13 poin dari Persib Bandung hingga selisih 14 poin dari Persija. Alhasil, PSM semakin dekat merebut trofi juara Liga 1.

Tim asal Makassar ini, hanya butuh tiga kemenangan lagi atau tambahan 9 poin untuk meraih trofi. Jika tambahan 9 poin itu bisa diraih, artinya poin PSM telah mencapai 74.

Baca Juga : Leg Kedua Final Championships Series Liga 1, Madura Bertekad Kejar Ketertinggalan

Sementara pesaingnya yakni Persib dan Persija yang sama-sama menyisakan 7 laga walaupun menyapu bersih sisa pertandingan akan sulit mengejar. Sebab jika keduanya menyapu bersih laga poin mereka akan mentok 73 untuk Persib dan 72 untuk Persija.

Itupun kedua tim ini kemungkinan sulit menyapu bersih laga lantaran Persija dan Persib akan saling berhadapan. Otomatis, salah satunya bisa saja meraih kemenangan atau hanya bermain imbang.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar