Selasa, 20 Februari 2024 13:10

Sebelum Gelar Liga 1 Wanita, PSSI Akan Gulirkan Turnamen Usia Muda 

Sebelum Gelar Liga 1 Wanita, PSSI Akan Gulirkan Turnamen Usia Muda 

ABATANEWS.COM – Induk federasi sepakbola Indonesia atau PSSI tengah merancang turnamen sepakbola wanita untuk usia dini. Rencananya, kompetisi tersebut akan dimulai akhir bulan Februari 2024.

“Akhir bulan ini akan digelar turnamen putri usia muda U10 dan U14. Ini awal karena harus dimulai dari usia 9, 12, 14, yang menandakan pembinaan dari bawah,” kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Selasa (20/2/2024).

Pelaksanaan turnamen usia muda bagi sepakbola wanita ini bertujuan untuk membangkitkan kembali sepakbola wanita. Selain itu, tujuan lain yakni sebagai persiapan pelaksanaan Liga 1 wanita.

Baca Juga : 20 Pemain PSIS Semarang Disiapkan Lawan PSM Makassar

Menurut Erick Thohir, jika pelaksanaan turnamen sepakbola wanita usia dini berjalan nantinya akan dibuat Liga 1 wanita. Firman Liga 1 wanita kemungkinan menggunakan sistem zona.

Meski begitu, Erick belum merinci secara detail berapa klub yang akan berpartisipasi pada Liga 1 wanita. Selain itu, ia juga belum memastikan klub-klub mana saja yang akan berpartisipasi.

“Akan dibuat zona-zona yang diikuti klub, sehingga baru bisa dijadikan liga. Turnamen-turnamen muda ini bisa menyalurkan kompetisi dan menampung bakat sepakbola wanita kita,” ucap Erick.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar