Minggu, 26 September 2021 11:10

Saudara Kembar Asal Jepang Catat Rekor Usia Tertua di Dunia

Saudara Kembar Asal Jepang Catat Rekor Usia Tertua di Dunia

ABATANEWS, JEPANG — Dua saudara perempuan Jepang dikonfirmasi sebagai kembar identik tertua yang masih hidup di dunia. Mereka juga adalah saudara kembar identik tertua yang pernah hidup hingga usia 107 tahun.

Lahir pada 5 November 1913, Umeno Sumiyama dan Koume Kodama berusia 107 tahun 300 hari pada 1 September, menurut sebuah pernyataan dari Guinness World Records dilansir CNN.

Baca Juga : Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Pagelaran Angklung di GBK

Mereka lahir di Pulau Shodo, prefektur Kagawa, dengan keluarga beranggotakan 13 orang. Pasangan ini sekarang tinggal di panti jompo yang terpisah.

Ketika mereka lahir, menjadi saudara kembar kerap membuat mereka diganggu. Sehingga Sumiyama dan Kodama hidup terpisah sejak usia dini.

Kodama meninggalkan Pulau Shodo setelah sekolah dasar dan kemudian menikahi seseorang di luar pulau, sehingga si kembar akhirnya hidup terpisah lebih dari 300 kilometer (186 mil), kata Guinness World Records.

Baca Juga : Guru Asal Hong Kong Jadi Wanita Tercepat Pendaki Everest

Mereka kembali bertemu di acara pernikahan dan pemakaman. Barulah pada sekitar usia 70 tahun mereka melakukan beberapa ziarah Buddhis bersama.

Pasangan itu kemudian bercanda tentang memecahkan rekor kembar identik tertua yang masih hidup, yang sebelumnya dipegang oleh sesama warga negara Jepang Kin Narita dan Gin Kanie.

Guinness World Records mengatakan bahwa, pada ulang tahun mereka yang ke-99, Sumiyama melihat foto pemegang rekor saat itu dan berkata: “Saya pikir kami terlihat lebih muda.”

Baca Juga : Guru Asal Hong Kong Jadi Wanita Tercepat Pendaki Everest

Guinness World Records mengirimi kedunya sertifikat rekor dunia melalui pos karena Covid-19.

Staf panti jompo mengatakan Sumiyama menangis saat melihat sertifikat itu.

“Koume, yang ingatannya tidak seperti dulu, sayangnya tidak dapat sepenuhnya memahami pentingnya menerima sertifikat itu,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga : Guru Asal Hong Kong Jadi Wanita Tercepat Pendaki Everest

Kembar identik laki-laki tertua yang pernah diverifikasi oleh Guinness World Records adalah Dale dan Glen Moyer, dari AS, yang keduanya mencapai usia 105 tahun. Lahir pada tahun 1895, mereka menjadi kembar tertua yang masih hidup pada 23 Januari 2000.

Jepang dikenal dengan supercentenarians – seseorang yang berusia 110 tahun atau lebih – dan banyak rekor telah dicapai di negara itu, kata Guinness World Records.

Di antara jumlah mereka adalah orang tertua yang masih hidup, Kane Tanaka, yang berusia 118 tahun. Tanaka telah dua kali selamat dari kanker, hidup melalui dua pandemi global dan menyukai minuman bersoda.

Komentar