Rabu, 30 Maret 2022 18:07

Satgas Izinkan Bukber tapi Larang Ngobrol, Warganet: Kalau Pulang, Khawatir Ada yang Chat

Ilustrasi bukber. (Foto: PNW Productions)
Ilustrasi bukber. (Foto: PNW Productions)

ABATANEWS, JAKARTA – Buka bersama atau bukber merupakan salah satu tradisi pada bulan suci Ramadan di Indonesia. Bukber kerap dijadikan sebagai ajang silaturrahmi dan reuni.

Tapi, apa jadinya kalau bukber kali ini dilarang untuk ngobrol? Setidaknya pada saat santap buka puasa bersama.

Ya, seperti itulah anjuran dari Satgas Covid-19 untuk Ramadan tahun ini. Satgas tetap memperbolehkan untuk masyarakat menggelar bukber, tapi dilarang untuk ngobrol.

Baca Juga : Malam Lailatul Qadar: Keutamaan dan Makna Mendalam Bagi Umat Islam

“Kalau buka puasa bersama sebaiknya dijaga jarak yang cukup dan tidak usah berbicara pada saat makan,” kata Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9, seperti dilihat oleh ABATANEWS pada Rabu (30/3/2022).

Wiku beralasan, larangan ini demi untuk menghindari penularan dan penyebaran virus Covid-19 yang belum usai sampai saat ini.

“Jangan lupa cuci tangan sebelum makan supaya kita betul-betul bersih dan sehat. Jadi semua bisa dilakukan asal betul- betul adaptasinya dengan protokol kesehatan,” sembungnya.

Baca Juga : Arab Saudi Mulai Bulan Ramadan pada 11 Maret 2024

Selain itu, Wiku juga menjelaskan terkait aktivitas tempat ibadah yang telah diperbolehkan untuk digelar berjamaah. Sesuai ketentuan yang berlaku dalam level PPKM di daerahnya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan menjadi yang utama

“Selama kita beribadah kalau di masjid pastikan masjidnya tidak terlalu penuh, dan terlalu lama di masjid sehingga potensi penularannya menjadi besar, caranya ventilasi masjidnya dibuka lebih baik dan tidak terlalu lama di dalam masjid, interaksi berbicara juga relatif terbatas, yang tidak berbicara menggunakan masker saja,” jelasnya.

Pernyataan Wiku ramai. Banyak yang menanggapi serius, ada pula yang menanggapi dengan nuansa humor.

Baca Juga : Sudah Ada yang Puasa Sejak Kemarin, Kemenag Minta Umat Saling Menghormati

Seperti yang diutarakan oleh akun Twitter @ditamoechtar. Ia setuju dengan usulan Satgas yang melarang untuk ngobrol saat bukber.

“Setuju. Khawatir kalo udh ngobrol terus nyambung, pas pulang bakal dichat: “aku nyaman bgt sama kamu, kita kayak udh kenal lama ya hehe…” Top satgas,” tulisnya sembari ditutup dengan emot jempol ke atas.

Penulis : Imam Adzka
Komentar