Senin, 09 Januari 2023 14:16

Resmikan SPAM di Muktisari, Indah: Sumber Air kita Banyak

Bupati Lutra, Indah Putri Indriani saat meresmikan Program SPAM di Desa Muktisari Kecamatan Bone-bone, Selasa (9/1/2023).
Bupati Lutra, Indah Putri Indriani saat meresmikan Program SPAM di Desa Muktisari Kecamatan Bone-bone, Selasa (9/1/2023).

ABATANEWS, LUTRA – Salah satu desa di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) kini bisa menikmati air bersih. Yakni dengan hadirnya Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang merupakan program Pemkab Lutra.

Adalah di Desa Muktisari Kecamatan Bone-bone program SPAM telah dihadirkan. SPAM ini, nantinya akan memenuhi kebutuhan air bersih dan layak bagi 90.

“Sumber air kita banyak tapi tidak semua air layak dan aman untuk dikonsumsi. Syaratnya ada tiga yaitu tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa,” ujar Bupati Lutra, Indah Putri Indriani saat meresmikan Program SPAM di Desa Muktisari Kecamatan Bone-bone, Selasa (9/1/2023).

Baca Juga : Hadiri Peringatan Maulid, Bupati Indah: Pengingat Untuk Terus Menjalankan Ajaran Nabi Muhammad

Pemda, lanjut Indah, menjadikan sektor air minum sebagai salah satu concern dalam pembangunan infrastuktur yang tertuang dalam program lima BISA. Hal ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang menyebutkan bahwa air bersih dan sanitasi layak menjadi salah satu tugas pemerintah yang harus ditentukan.

“Tahun 2022 melalui DAK dianggarkan pembangunan SPAM sebanyak 7 buah, salah satunya di Desa Muktisari dan Kelurahan Bone-bone. Harapan kita masyarakat dapat menikmati air bersih dan layak untuk dikonsumsi,” terangnya.

Ia pun berharap masyarakat dapat berperan untuk menjaga dan memeliharan sarana yang telah dibangun.

Baca Juga : Pesan Penuh Makna Indah Putri Indriani ke Peserta Orientasi Kepalangmerahan PMR di SMAN 4 Luwu Utara

“Yang paling berat setelah pembangunan adalah pemeliharaanya. Untuk itu tunjuk anak-anak muda yang punya kapasitas untuk mengelola sebab peran masyarakat menjadi sangat penting, agar masa pakai bertahan lebih lama,” pinta bupati periode kedua ini.

Diketahui program SPAM tersebut dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp. 1,1 miliar yang diperuntukkan untuk membangun satu unit bak penangkap, satu unit bak reservoar, jaringan perpipaan sepanjang 7.733,94 meter dan 90 unit sambungan rumah atau SR.

Sementara itu, Kepala Desa Muktisari Kecamatan Bone-bone menyampaikan terima kasih atas program Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang kini dimanfaatkan warga.

Baca Juga : Bupati Indah Minta Dukungan Semua Pihak Terkait Pembangunan Pembangkit Listrik di Kecamatan Rongkong

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih di Desa Muktisari atas program yang masuk dan betul-betul dibutuhkan masyarakat. Hal ini tentu tidak terlepas dari perjuangan dan aspirasi Anggota DPR RI, Bapak Muhammad Fauzi,” ucap Tandi Wara.

Penulis : Wahyuddin
Komentar