Rabu, 04 Mei 2022 12:19

Rekomendasi Kue Khas Sulsel yang Bisa jadi Oleh-oleh dan Tahan Lama

Deppa Tori
Deppa Tori

ABATANEWS, MAKASSAR – Libur hari raya Idulfitri 1443 H, tinggal menyisakan beberapa hari lagi. Pastinya, banyak orang akan kembali ke berbagai daerah yang merupakan tempat mencari nafkah atau memang tinggal di kota lain.

Bagi yang mudik di Kota Makassar, pastinya masih ada waktu untuk berkeliling. Bisa pula mengunjungi tempat-tempat wisata di beberapa kabupaten, hingga berbelanja panganan khas untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Apalagi, ada banyak panganan khas Makassar yang tersedia di banyak toko. Lantas, kira-kira apa saja makanan khas di Sulsel yang patut kamu beli sebagai oleh-oleh sebelum kembali ke kota masing-masing, berikut rekomendasinya.

Baca Juga : Arus Balik, 110 Ribu Penumpang Tinggalkan Sumatera Menuju Jawa Lewat Jalur Laut

– Kue Bannag-bannag

Pertama, ada Kue Bannang-bannang yang merupakan salah satu makanan khas dari Sulawesi Selatan. Dalam bahasa Makassar disebut bannang-bannang, sedangkan dalam bahasa Bugis disebut nennu’-nennu’.

Kue Bannang-bannang

Baca Juga : Menhub Minta Pemudik Pulang Kampung Lebih Awal, Ini Alasannya

Kue yang berbahan dasar dari tepung beras dan gula merah ini memiliki bentuk seperti benang kusut. Bannang-bannang sendiri merupakan salah satu kue yang selalu ada dalam lamaran hingga pernikahan.

Namun, kue ini juga bisa disajikan sebagai oleh-oleh dan dijual diberbagai toko khas Makassar. Kue ini, bahkan bisa bertahan lama dan sangat cocok menjadi oleh-oleh.

– Kue Baruasa

Baca Juga : Ini Aturan Lengkap untuk Lalu Lintas pada Mudik Lebaran 2024

Kue Baruasa adalah salah satu kue khas Bugis yang nikmat dan berbahan kelapa. Terkadang kue ini ditemukan di beberapa perayaan atau acara penting bagi masyarakat Sulawesi.

Kue Baruasa

Seiring waktu berjalan, kue tradisional ini menjadi panganan khas dan disediakan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga : Pemetaan Korlantas, Ini Sejumlah Titik Rawan Macet pada Mudik Lebaran 2024

– Waje Beras

Waje beras adalah salah satu jajanan khas Malino, Kabupaten Gowa, dengan tekstur lengket dan berserat hingga memiliki citarasa manis yang dominan. Waje terbuat dari beras ketan putih yang dimasak gula merah dan kelapa parut.

Baca Juga : Kemenhub: Pemudik Tahun Ini Diprediksi Mencapai 193 Juta Orang

Keunikan dari makanan ini, yakni cara pengemasannya yang dibungkus dengan kulit jagung. Pecinta kue manis, bisa juga menjadikan penganan ini sebagai oleh-oleh.

Jika anda menyempatkan waktu ke Malino, bisa membeli panganan ini. Apalagi aangat banyak disediakan di berbagai tempat di Malino.

– Dodol Markisa

Baca Juga : Angka Kecelakaan Lalu Lintas Menurun 25 Persen pada Lebaran 2023

Masih di Malino, ada juga panganan khas bernama Dodol Markisa yang patut anda beli sebagai oleh-oleh. Buah markisa banyak ditemukan di Malino terutama di pasar tradisional.

Dodol Markisa

Selain dapat dimakan langsung buah ini juga diolah menjadi dodol. Citarasa buah ini pada dasarnya cukup asam, namun ketika diolah menjadi dodol, perpaduan manisnya gula pasir melengkapi rasa yang enak kudapan ini.

Baca Juga : Jokowi Sarankan ASN Untuk Cuti Demi Hindari Macet Arus Balik, Ini Syaratnya

– Deppa Tori

Deppa Tori merupakan makanan khas yang berbahan dasar tepung beras dan gula merah. Deppa tori juga memiliki bahan dasar tepung beras, gula merah, serta wijen yang dicampur menjadi satu adonan. Dibentuk panjang-panjang, lalu digoreng.

Deppa Tori

Baca Juga : Bupati Maros Chaidir Syam Janji Beri Sanksi ASN yang Pakai Mobil Dinas untuk Mudik

Wilayah yang khas akan makanan ini, yakni Enrekang dan Toraja. Jadi, jika kamu berkunjung di dua wilayah ini ada baiknya mencoba atau menjadikannya oleh-oleh.

– Bolu Cukke

Oleh-oleh khas Sulsel lainnya adalah Bolu Cukke dan tersebar di berbagai wikayah. Bolu satu ini sangat menggugah selera dengan ukuran kecil-kecil.

Baca Juga : Tips Meninggalkan Rumah Agar Tetap Aman Selama Mudik, Bikin Hati Tenang

Bolu Cukke

Bolu cukke yang paling terkenal berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulsel. Hal menarik dari bolu yang terbuat dali gula merah ini adalah rasa dan ukurannya.

Berukuran kecil-kecil dengan rasa manis dapat membuatmu lupa diri. Jangan kaget kalau kamu bisa menghabiskan berbungkus-bungkus bolu cukke. Makanan ini enak sekali disantap bersama secangkir teh.

Baca Juga : Menhub Budi Minta Tolong Agar Semua Berkolaborasi Demi Kelancaran Mudik Lebaran 2023

Itulah tadi, rekomendasi makanan khas Sulsel yang tahan lama dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar
Berita Terkait