Jumat, 28 Juni 2024 13:04

Regulasi Pemain Asing di Liga 1, Kuota 8 dan Bebas Dari Negara Manapun

Dokumentasi laga Barito Putera versus PSM Makassar yang berakhir 3-1 untuk Barito di Stadion Sultan Agung, Jumat (15/3/2024). (foto: Official PSM)
Dokumentasi laga Barito Putera versus PSM Makassar yang berakhir 3-1 untuk Barito di Stadion Sultan Agung, Jumat (15/3/2024). (foto: Official PSM)

ABATANEWS, MAKASSAR – Regulasi kompetisi Liga 1 2024-2025 mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan yakni kuota pemain asing di masing-masing klub.

Seperti diketahui, pada musim sebelumnya kuota pemain asing ditetapkan 5+1. Terdiri dari 5 pemain asing bebas dari negara mana dan 1 pain asing khusu dari negara Asean.

Namun untuk musim 2024-2025, pengguaan kuota pain asing dirubah menjadi 8. Yang mana masing-masing klub diperbolehkan merekrut 8 pemain dan bebas dari negara mana.

Baca Juga : Bos Bali United Ungkapan Alasan Datangkan Kenzo Nambu dari PSM

Keputusan ini diambil operator Liga 1, PT LIB saat menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2024. RUPS ini berlangsung di Jakarta pada Rabu (26/6/2024) dan diikuti oleh para pemegang saham yang terdiri dari klub-klub Liga 1 dan PSSI.

“Pemain asing yang bisa bermain (untuk setiap klub Liga 1) itu sesuai regulasi ada delapan pemain. Bebas dari negara apa pun baik itu dari Asia maupun yang bukan Asia,” kata Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus dikutip Jumat (28/6/2024).

Meski klub-klub peserta diperbolehkan merekrut 8 pemain asing dari negara manapun, namun mereka tidak diperbolehkan main sekaligus dalam satu laga. Melainkan hanya diperbolehkan main 6 pemain asing dan dua cadangan.

Baca Juga : Adilson Silva Dapat Perpanjangan Kontrak dari PSM, Durasinya 2 Tahun

“Nanti ada delapan pemain asing di daftar susunan pemain, enam pemain bermain, lalu dua lagi (cadangan) hanya bisa menggantikan pemain asing lain,” jelasnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar