Senin, 13 Februari 2023 19:08

Rasisnya Eks Pebulutangkis Malaysia Keturunan China Ini Saat Kritik BAM: Orang Melayu Malas dan Cuma Salat

Ilustrasi
Ilustrasi

ABATANEWS – Mantan pebulutangkis Malaysia keturunan China, Bong Guang Yik melontarkan kritik yang rasis kepada federasi bulutangkis Malaysia (BAM).

Ia menyebut, kegagalan pemain bulutangkis Malaysia saat ini dikarenakan manajemen sudah banyak yang diisi oleh orang-orang Islam dan merupakan keturunan asli yaitu Melayu.

“Untuk orang Melayu yang masuk jajaran manajemen (BAM). Mereka sudah salat lima waktu sehari, jadi sudah tidak ada niat untuk mengurus BAM,” kata Guang Yik dalam live TikTok yang dikutip dari media Malaysia, Malaysia Dateline, pada Senin (13/2/2023).

Baca Juga : PBSI Janji Persiapkan Lebih Baik Tatap 2024, Khususnya Olimpiade Paris

Selain itu, Guang Yik yang kini menetap di China itu mengatakan, pemain Malaysia yang merupakan asli Melayu dengan sebutan ‘pemain malas’. Guang Yik juga menyatakan, pemain Malaysia kini lebih hobi makan ketimbang latihan.

“Sistem yang lemah menyebabkan pemain Malaysia semua merosot,” kata Guang Yik

Pernyataan itu pun viral di negeri jiran. Banyak yang mengecam mantan pemain yang sempat bermain di sektor ganda putra dan tunggal putra itu.

Baca Juga : Link Final France Open 2023: Bagas/Fikri Lawan Andalan Denmark, Jojo vs Li Shi Feng

Mengutip dari situs BWF, Guang Yik merupakan pemain yang tidak begitu menonjol di Malaysia. Ia tak pernah mendapat gelar juara. Bahkan, rangking tertingginya ialah 269 (ganda putra berpasangan dengan Kein Hiung Chong) dan 313 (tunggal putra).

Penulis : Wahyuddin
Komentar