Kamis, 30 November 2023 22:45

Raih Hasil Imbang Kontra Hai Phong FC, PSM Dipastikan Tersingkir dari AFC Cup

Dokumentasi laga PSM Makassar versus Hai Phong FC, di matchday kelima Grup H, Piala AFC Cup 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (30/11/2023). foto: Official PSM
Dokumentasi laga PSM Makassar versus Hai Phong FC, di matchday kelima Grup H, Piala AFC Cup 2023-2024 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Kamis (30/11/2023). foto: Official PSM

ABATANEWS.COMPSM Makassar hanya mampu bermain imbang dari tamunya Hai Phong FC dalam matchday kelima Grup H, Piala AFC Cup 2023-2024. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali, berakhir dengan skor 1-1, Kamis (30/11/2023).

Pada babak pertama, kedua tim sama-sama tak mampu menciptakan gol meski sejumlah peluang tercipta. Alhasil, skor berakhir 0-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, tim tamu tampil lebih menekan. Sebaliknya, M Arfan dan kawan-kawan dipaksa lebih bertahan hingga hanya mengandalkan serangan balik.

Baca Juga : Ditahan Imbang Borneo, Kebobolan Menit Akhir Bikin Tavares Frustasi

Kebuntuan akhirnya pecah usai tim tamu mampu unggul lebih dulu lewat Lucao di menit 74. Meski begitu, keunggulan tim asal Vietnam itu tak bertahan lama usai datang gol balasan tuan rumah.

Adalah melalui Yakob Sayuri di menit 77. Gol dari Yakob tercipta melalui sepakan bola mati yang tak mampu diantisipasi kiper lawan.

Memasuki akhir laga, PSM semakin tertekan dengan datangnya serangan demi serangan lawan. Beruntung, pertahanan tim mampu membendung serangan hingga pluit panjang babak kedua terdengan.

Baca Juga : Pelatih Borneo Sebut Lawan PSM Berbeda Ketimbang Klub Lain, Tapi Tetap Lakukan Rotasi

Dengan hasil 1-1 ini, PSM tertahan di posisi ketiga klasemen Grup H dengan 7 poin. Sayangnya, hasil ini turut pula mrmasikan Pasukan Ramang tersingkir dari Piala AFC Cup musim ini.

Sesuai regulasi AFC, hanya empat tim yang akan lolos ke babak semifinal zona Asean. Di zona Asean sendiri hanya ada tiga grup (F, G, H) dan yang akan lolos hanya empat tim.

Masing-masing adalah juara grup dan satu runner-up terbaik. Di grup F sendiri, kandidat paling kuat lolos runner up terbaik yakni Pohnm Penh dengan mengemas 12 poin.

Baca Juga : Meski Peluang Kecil Lolos Semifinal, Tavares Yakin Bisa Kalahkan Borneo

Tim asal Kamboja ini, bahkan masih berpeluang lolos sebagai juara grup karena masih memiliki satu laga sisa. Sementara posisi teratas Grup F ditempati oleh Macarthur FC yang juga mengemas 12 poin.

Artinya, baik Pohnm Penh dan Macarthur FC sendiri hampir pasti memastikan lolos ke babak semifinal zona Asean AFC Cup musim ini.

Hanya saja, laga terakhir akan menentukan nasib keduanya lolos ke face selanjutnya. Sementara pesain terdekat perebutan runner-up terbaik lainnya adalah Terengganu.

Baca Juga : Tavares Komentari Keputusan Wasit Anulir Kartu Merah Pemain Persis Solo

Tim asal Malaysia ini, berada di posisi kedua grup G dengan 9 poin dan masih menyisahkan satu laga sisa. Adapun kandidat lain yang masih berpotensi lolos ke semifinal zona Asean dengan jalur runner-up terbaik adalah Hai Phong FC yang menempati grup H.

Tim asal Vietnam ini, telah mengemas 7 poin dan masih menyisahkan satu laga. Hanya saja, kalaupun Hai Phong menang di laga terakhir, mereka masih akan menunggu pesaing terdekatnya yakni Terengganu, Pohnm Penh bahkan Macarthur FC.

Adapun untuk PSM Makassar, dipastikan tersingkir karena sudah tak mampu mengejar poin dari pesaingnya di runner-up terbaik. Skema kemenangan di laga terakhir melawan Sabah FC, pun tak mampu mengejar poin calon runner-up terbaik lainnya seperti Pohnm Penh hingga Macarthur FC.

Baca Juga : Kata-kata Bernardo Tavares Usai Menahan Imbang Persis Solo

Selain PSM, wakil Indonesia lainnya di AFC yakni Bali United pun sudah dipastikan tersingkir. Itu, setelah Serdadu Tridatu hanya mampu mengumpulkan 7 poin dari lima laga yang dilakoni.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar
Berita Terbaru