Minggu, 25 September 2022 16:20

Puan dan Cak Imin Ziarah Bicara Peluang Koalisi PDIP-PKB dan Berduet di Pilpres

Muhaimin Iskandar dan Puan Maharani ziarah makan Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Ahad (25/9/2022). (Foto: Instagram Puan Maharani)
Muhaimin Iskandar dan Puan Maharani ziarah makan Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Ahad (25/9/2022). (Foto: Instagram Puan Maharani)

ABATANEWS, JAKARTA — Ketua DPP PDIP, Puan Maharani kembali melakukan safari politik. Kali ini, bertemu dengan Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar.

Keduanya melakukan ziarah makam Taufiq Kiemas, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada Ahad (25/9/2022).

Pertemuan ini disinyalir sebagai upaya untuk berkoalisi pada Pilpres 2024 mendatang. Kedua tokoh pun sejauh ini disebut-sebut berpeluang maju sebagai kandidat pada Pilpres 2024.

Baca Juga : PKB Sudah Tunjuk Siapa Jadi Wakil Ketua DPRD Sulsel dan Ketua Fraksi

Selain itu, baik PDIP dan PKB juga merupakan sama-sama partai pengusung Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada 2019 lalu.

Saat ditanya peluang PDIP akan berkoalisi lagi dengan PKB pada pesta demokrasi terbesar nantinya, Puan mengamini.

“Ya mungkin aja, enggak ada yang enggak mungkin dalam politik. Ini bisa ketemu begini aja sudah satu sinyal bahwa kemudian kemungkinan ke depannya itu ada dinamika-dinamika lain,” kata Puan kepada wartawan, seperti dikutip dari Liputan6.com.

Baca Juga : PDIP Akan Umumkan Duet Anies-Rano di Pilgub Jakarta Siang Ini

Ketua DPR RI itu mengatakan perjalanan membangun koalisi masih panjang sehingga banyak dinamika politik yang mungkin terjadi. Kendati begitu, Puan menuturkan pertemuan dengan Cak Imin membuka ruang komunikasi.

“Jadi dinamika yang ada ke depan ini, karena masih 1 tahun, saya rasa masih bisa terus terbangun, terbuka bagaimana kemudian menyamakan visi misi dan cita-cita yang sama,” jelasnya.

“Sehingga nantinya ya namanya dinamika politik, tidak ada yang mungkin, tidak terbuka, yang terpenting pertemuan ini membuka ruang bagi kami berdua untuk bisa saling berkomunikasi,” sambung Puan.

Baca Juga : Cak Imin Sebut Prabowo Batal Hadir di Penutupan Muktamar PKB Karena Masuk Angin

Sementara itu, Cak Imin menuturkan bahwa perkembangan politik kedepannya akan dinamis. Dia pun ingin PDIP">PDIP tetap bisa berkoalisi dengan PKB, seperti saat ini di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Semoga, ini yang jadi jalan. Kan perjalanan koalisi masih 1 tahun. Ini moga rintisan-rintisan terus, perkembangan akan dinamis. Yang jelas kami berharap PDIP bisa terus bareng PKB, seperti sekarang,” tutur Cak Imin.

Namun, saat ditanya terkait peluang berduet dengan Puan di Pilpres, Cak Imin belum mau gegabah. Apalagi, PKB dan Gerindra sudah terlebih dahulu mendeklarasikan untuk berkoalisi pada Pemilu mendatang.

Baca Juga : PDIP Resmi Dukung Indira Yusuf Ismail-Ilham Fauzi Amir Uskara di Pilwalkot Makassar

“Ya nanti tanya Pak Prabowo (Ketua Umum DPP Gerindra) dulu,” ujar Cak Imin.

Menurut dia, perjalanan dalam membentuk koalisi masih panjang. Nantinya, kata Cak Imin, ada survei terkait pasangan capres dan cawapres.

“Perjalanan masih panjang. Nanti dites aja Prabowo-Cak Imin, Puan-Cak Imin,” tutur Cak Imin.

Penulis : Azwar
Komentar