Jumat, 23 April 2021 22:54

PSPT Unhas Bedah Potensi Sumber Daya Pesisir untuk Kesejahteraan

PSPT Unhas Bedah Potensi Sumber Daya Pesisir untuk Kesejahteraan

ABATANEWS, MAKASSAR – Program studi magister Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu (PSPT) Unhas mengadakan webinar dengan tema Pengelolaan Sumberdaya Pesisir untuk Kesejahteraan Masyarakat, Jumat (23/4/2021).

Hadir sebagai pembicara Dekan Sekolah Pascasarjana Prof Jamaluddin Jompa, Sub Koordinator Kelompok Pendayagunaan dan Pelestarian Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar Munandar Jakasukmana, Bird’s Head Seascape (BHS) Program Koordinator Yayasan Konservasi Alam Nusantara–TNC, Awaluddinnoer Ahmad dan Indar Wijaya sebagai moderator.

Acara tersebut dibuka oleh ketua Program Studi PSPT Muh. Farid Samawi. Pada sambutannya Farid Samawi mengatakan pentingnya pendidikan setingkat manajerial (magister) untuk merencanakan dan mengelola sumber daya pesisir secara terpadu.

“Peningkatan kualitas SDM diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah pesisir,” katanya.

Prof. Jamaluddin menjelaskan pentingnya pemanfaatan biodiversitas di wilayah pesisir begitu kaya dan beragam. “Namun potensi luar biasa tersebut masih terkendala pengetahuan dan keterampilan di tengah masyarakat,” jelas Prof Jamaluddin.

Sementara Munandar menjelaskan Sulawesi kaya akan potensi sumberdaya pesisir seperti keanekaragaman jenis organisme, wisata laut dan tambang mineral.

“Berbagai upaya melibatkan masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya pesisir telah dilakukan dalam bentuk Sasi dan Perikanan skala kecil oleh masyarakat pesisir dan hasilnya telah memberi manfaat bagi masyarakat,” ujar Wawan sapaan Awaluddinnoer.

Webinar ini dihadiri sekitar 100-an peserta terdiri dari mahasiswa S1, S2, S3 dan dosen dari berbagai kampus serta peneliti serta praktisi.

Komentar