Jumat, 29 September 2023 21:10

Pria Ini Nekat Minum Kopi Segalon, Dokter Ungkap Bahayanya

Seorang pria minum kopi satu galon. (TikTok @alamsss04)
Seorang pria minum kopi satu galon. (TikTok @alamsss04)

ABATANEWS.COM – Belum lama ini beredar video di media sosial yang memperlihatkan aksi seorang pria minum kopi satu galon. Aksi tersebut dibagikan oleh konten kreator TikTok dengan akun @alamsss04. Video tersebut langsung mengundang perhatian publik hingga telah ditonton lebih dari 40,8 juta pengguna TikTok.

“Jangan lupa ngopi ya ngab,” tulis akun TikTok @alamsss04 dalam keterangan video.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pria mengenakan baju coklat dan ada galon berisi full air putih. Dia memulai aksinya dengan terlebih dahulu menyeduh satu bungkus kopi bubuk ukuran besar ke dalam galon berisi air tersebut. Setelah melarutkannya, dia mulai meminum kopi.

Baca Juga : Viral, Pria Ngamuk di Jalan Raya Berujung Dilumpuhkan Polisi Hingga TNI

Tidak habis dalam sekali duduk, pria itu meminum kopinya secara bertahap sambil diselingi dengan beberapa kegiatan seperti makan, tidur hingga bermain game. Di sela-sela minum kopi, dia juga sempat beberapa kali ke kamar mandi untuk buang air.

Setelah diselingi beberapa kegiatan, pria itu berhasil menghabiskan kopi satu galon dalam waktu kurang dari satu hari. Terlepas dari benar atau tidak dia menghabiskan kopi tersebut dalam sehari, namun pada akhir video, terlihat kopi di galon tersebut sudah habis.

Video tersebut pun langsung mencuri perhatian banyak netizen. Namun, tak sedikit netizen yang mengkhawatirkan kesehatan lambung pria itu karena mengonsumsi kopi satu galon dalam waktu singkat.

Baca Juga : Viral Bodyguard Atta Halilintar Tuai Sorotan Usai Ancam Culik Wartawan

“Lambung aman bang?,” tulis akun @bgs***.

“Sayangi kesehatanmu bang,” tulis akun @str***.

“Bisa ya, minum segalon dari terang dan abis masih terang juga tapi diluar itu ya inget kesehatan aja si,” tulis akun @Ter***.

Baca Juga : Gegara Leptop Hendak Diperiksa, Taruna Akpol Cekcok dengan Perwira

“Jangankan segalon secangkir kopi aja udah berdebar debar nih jantung tenggorokan panas bet,” tulis akun @bun***.

“Kalau gue kyk gitu gerd naik langsung opname sih,” tulis akun @Rad***.

Video seorang pria minum kopi segalon juga menuai sorotan dari Dokter Ayman Alatas. Melalui unggahannya di TikTok, sang dokter menjelaskan bahaya minum kopi berlebihan.

Baca Juga : Viral, Ormas Ngamuk di Toko Buah Gegara Hanya Diberi Rp 10 Ribu

“Jangan ditiru karena itu bisa berefek bahaya bagi kalian kalau minum kopi berlebihan,” tegas Dokter Ayman Alatas dikutip dari akun TikTok @aymanalts.

Dokter Ayman mengungkapkan batas aman mengonsumsi kafein bagi seseorang sekitar 400 mg atau setara 4 cangkir dalam sehari.

“Jadi batas amannya kafein yang dikonsumsi manusia adalah 400mg. Kurang lebih itu 4 cup dalam sehari, yang disarankan, yang maksimal,” tambahnya.

Baca Juga : Viral Driver Ojol Hina Pegawai Disabilitas, Netizen Geram

Dokter Ayman menjelaskan beberapa efek mengonsumsi kafein secara berlebihan seperti masalah pencernaan, detak jantung yang tidak normal, memengaruhi tingkat kecemasan, dehidrasi, tekanan darah naik dan dapat mengakibatkan berbagai komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan.

“Jadi komplikasinya itu bisa kemana-mana dan bisa berbahaya sekali. Aku berharap masnya setelah itu semoga aman-aman aja, enggak kenapa-kenapa, enggak ada efek yang sampai berbahaya,” ujar Dokter Ayman.

Meskipun dalam video tersebut pria itu tidak mengalami masalah serius setelah minum kopi satu galon, hal itu bukan berarti setiap orang akan merasakan hal yang sama.

Baca Juga : Bak Detektif, Driver Ojol Ini Dapat Orderan Memata-Matai Pacar Customer

“Tapi please, jangan ditiru, ya. Jangan dijadikan contoh kalau masnya enggak apa-apa berarti yang lain enggak apa-apa, enggak gitu juga ya konsepnya,” pungkasnya.

Penulis : Nidi
Komentar