Kamis, 10 November 2022 14:17

Presiden Putin Dipastikan Batal Hadiri KTT G20 Bali

Negara yang dipimpin Vladimir Putin resmi keluar dari Dewan Eropa. (Reuters)
Negara yang dipimpin Vladimir Putin resmi keluar dari Dewan Eropa. (Reuters)

ABATANEWS – Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan batal menghadiri KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Acara puncak KTT G20 Bali sendiri, bakal dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 16 November 2022.

Batalnya Putin datang ke KTT G20, disampaikan Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan. Kata Luhut, pemimpin negara Beruang Merah itu, telah mengkonfirmasi tak datang di agenda tersebut.

“Ya tidak, Putin ndak hadir karena tadi sudah nyampaikan dia ngirim menlunya (Menlu Rusia Sergey Lavrov) untuk datang. Saya kira itu yang paling tinggi,” ujar Luhut di Padma Hotel Resort, Bali, dilansir CNN Indonesia, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga : Segini Anggaran Digunakan Bangun Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Wahidin Sudirohusodo

Meski batal hadir, Luhut mengaku Putin akan mengirimkan perwakilan Rusia di KTT G20. Perwakilan tersebut adalag Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan akan mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke acara KTT G20 di Bali pada November mendatang. Hal ini dilakukan meski beberapa negara Barat menolak karena serangan Rusia ke Ukraina.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar